SOLOPOS.COM - ilustrasi. (dok Solopos)

Klaten (Solopos.com)--Memasuki akhir tahun 2011, penyerapan bantuan sosial langsung (BSL) di Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Sekretariat Daerah (Setda), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten baru mencapai 80% dari total anggaran sekitar Rp 4,5 miliar.

Plt Kepala Bagian (Kabag) Kesra, Imron Alief mengatakan jika hingga akhir tahun dana BSL belum terserap, maka sisa dana tersebut akan diserahkan ke kas daerah.

Namun begitu, hingga kini pihaknya masih tetap membuka peluang bagi warga yang ingin mengajukan bantuan kepada Bagian Kesra. “Masih ada waktu lebih dari sebulan. Mudah-mudahan semua dana bisa terserap agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan,” ujar Imron saat ditemui wartawan di kantornya, Kamis (24/11/2011).
Lebih lanjut, Imron menjelaskan, hingga kini pencairan BSL sudah memasuki tahap ke enam. Hingga kini BSL sudah disalurkan kepada hampir 1.000 penerima bantuan. Besarnya bantuan yang dicairkan  berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 5 juta.  Dia menjelaskan, pencairan BSL tahap selanjutnya baru bisa dilakukan setelah semua penerima bantuan sudah mengirimkan laporan pertanggungjawaban.

“Kebijakan itu sengaja kami tempuh untuk mengantisipasi ketidakjelasan realisasi BSL yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Jadi, kalau semua penerima bantuan belum mengirimkan SPJ, maka pencairan tahap berikutnya belum bisa dicairkan,” terang Imron.

(mkd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya