SOLOPOS.COM - Peserta menampilkan atraksi barongsai dan liong saat Karnaval Budaya Grebeg Sudiro 2024 di kawasan Pasar Gede Solo, Minggu (4/2/2024). (Solopos/Joseph Howi Widodo).

Solopos.com, SOLO–Sejumlah atraksi mulai dari seni tari sampai pesta kembang api bakal memeriahkan malam Tahun Baru Imlek 2575 di Balai Kota Solo, Jumat (9/2/2024) malam ini. Kawasan Balai Kota Solo sampai Pasar Gede Solo diprediksi dipadati pengunjung.

Koordinator Bazar UMKM Grebeg Sudiro 2024, Saktiawan Nugroho, menjelaskan pertunjukan seni tari pada Kampung Akulturasi Grebeg Sudiro 2024 di halaman Balai Kota Solo dimulai pukul 18.20 WIB.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kelompok bermain dan Taman kanak-kanak Warga akan menari nuansa Imlek, SD Warga akan menampilkan perkusi tema wushu, dan SMA Warga menampilkan kelompok musik dengan lagu tentang seni dan akulturasi budaya.

Kemudian ada Kelompok Ikatan Mahasiswa Lampung Solo dengan atraksi Tari Sigeh Pengunten dan Tarian Bedana. Lalu Tembang Kenangan Suka Tentrem sebelum ditutup dengan penyalaan kembang api Sabtu (10/2/2024) dini hari.

Sakti, sapaan akrabnya, menjelaskan para pengunjung Kampung Akulturasi Grebeg Sudiro 2024 memadati kawasan Balai Kota Solo, Kamis (8/2/2024) petang sampai pukul 23.00 WIB. Mereka adalah pengunjung kalangan anak muda dan keluarga. Mayoritas berasal dari luar kota.

“Prediksi malam ini lebih padat, kemarin saja parkiran sampai kawasan Gladak dan Benteng Vastenburg,” ungkap dia.

Menurut dia, tersedia 60 tenda untuk UMKM di halaman Balai Kota Solo. Pelaku usaha di Balai Kota Solo dan kawasan Ketandan akan berjualan sampai Sabtu (10/2/2024) malam.

“Kami mengimbau pengunjung untuk membuang sampah ke tempat yang tersedia dan waspada keamanan barangnya. Kami menyediakan enam tim aktif membersihkan sampah di kawasan Balai Kota Solo dibantu tim Pemkot Solo,” ungkap dia.

Grebeg Sudiro adalah tradisi yang dijalankan warga Kelurahan Sudiroprajan sejak 2007. Grebeg Sudiro 2024 menjadi bagian dari 110 event yang masuk Karisma Event Nusantara 2024.

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa menjelaskan Grebeg Sudiro semakin baik dari tahun ke tahun. Event itu dapat dinikmati warga Solo dan wisatawan dari berbagai daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya