SOLOPOS.COM - Wawali Teguh Prakosa,(kedua dari kanan) berbincang dengan Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi dan Dandim 0735/Solo Letkol Devy Kristiono dan pengurus gereja saat meninjau Gereja Katolik Santo Antonius, Solo, Selasa (20/12/2022). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO — Jemaat yang mengikuti ibadah misa perayaan Natal di gereja-gereja Kota Solo diimbau untuk membawa barang seperlunya saja. Petugas akan memeriksa barang bawaan jemaat terutama mereka yang membawa tas besar.

Pengamanan internal gereja akan dibantu personel keamanan gabungan dalam melakukan pengecekan tersebut. Hal itu disampaikan Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi di sela-sela peninjauan persiapan misa Natal di Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan, Selasa (20/12/2022).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kapolresta melakukan peninjauan berama Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa dan Dandim 0735/Solo Letkol (inf) Devy Kristiono. Iwan menjelaskan petugas keamanan gabungan bekerja sama dengan petugas keamanan internal gereja melakukan sejumlah upaya untuk mengantisipasi teror saat ibadah perayaan Natal di Solo.

“Imbauan kepada jemaat untuk tidak membawa tas dan lain sebagainya. Kami sosialisasikan kepada pengurus gereja supaya pengurus memahami dan memberi tahu jemaat untuk membawa barang seperlunya. Hal ini supaya tidak menyulitkan petugas,” kata Kapolresta kepada wartawan.

Dia mengatakan pemeriksaan dilakukan apabila ada jemaat yang membawa barang atau tas berukuran besar. TNI/Polri melakukan pengecekan tas demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Baca Juga: Wah, Natal di Gereja Purbayan Solo Dimeriahkan Pentas Siswa SD Pangudi Luhur

Iwan menjelaskan langkah antisipasi lainnya dilakukan berupa sterilisasi sebelum misa Natal berlangsung. Petugas gereja melakukan pengamanan dalam gereja dengan mengenali jemaatnya.

Sementara polisi melibatkan anjing pelacak canine atau K9 untuk pengamanan. Menurut dia, pengurus Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan Solo telah melakukan persiapan dengan baik untuk penyelenggaraan ibadah perayaan Natal nanti.

Mereka menyiapkan perayaan natal dengan gembira, tidak ada rasa kekhawatiran, namun tetap meningkatkan kewaspadaan dengan mematuhi arahan TNI/Polri. Wakil Ketua Paroki Santo Antonius Purbayan, Gerardus Suyatman, menjelaskan ada sejumlah rangkaian misa Natal.

Baca Juga: Jamin Keselamatan Penumpang saat Libur Nataru, Dishub Solo Inspeksi 3 PO Bus

Jemaat Wajib Pakai Masker

Misa malam Natal dilangsungkan Sabtu (24/12/2022) pukul 18.00 WIB dan pukul 19.30 WIB. Selanjutnya misa Natal Lansia, Minggu (25/12/2022) pukul 07.00 WIB, misa Natal Anak pukul 09.00 WIB, dan misa Natal senja pukul 18.00 WIB.

Menurut dia, ekaristi Natal terbuka bagi seluruh umat tanpa melalui pendaftaran seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, jemaat wajib memakai masker, sudah divaksin Covid-19 dosis kedua, datang dengan keadaan sehat, dan tanpa batasan usia.

“Kami ada pengamanan internal, masing-masing wilayah ada pengurus wilayah datang ke sini. Mereka mengenali umatnya sehingga yang datang lebih terkontrol,” ujarnya.

Baca Juga: 13 Pohon Natal Semarakkan Natal kawasan Jensud Solo

Dia mengatakan biasanya ada jemaat perantau yang mudik lalu mengikuti misa perayaan Natal di Gereja Santo Antonius Purbayan, Solo. Warga luar kota/tidak dikenali pengurus gereja juga bisa mengikuti misa Natal dengan pengawasan petugas.

Menurut dia, biasanya jemaat datang ke gereja 30 menit sebelum misa Natal berlangsung. Umat Katolik diimbau untuk datang lebih awal. “Besok Minggu mengikuti misa untuk tidak membawa barang yang besar untuk memperlancar pemeriksaaan, dan tak perlu membawa mobil,” paparnya.

Dia menjelaskan pengurus gereja meminjam sejumlah halaman instansi untuk parkir kendaraan milik jemaat, antara lain Balai Kota Solo, SD Pangudi Luhur, SD Marsudirini Solo, dan Denpal B 04 Surakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya