SOLOPOS.COM - Tim Gabungan di Sukoharjo saat menggelar patroli skala besar untuk menjaga keamanan pada Malam Misa Natal pada Minggu (24/12/2023). (Istimewa/Polres Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Setelah berhasil melakukan pengamanan pada puncak perayaan Natal, Minggu-Senin (24-25/12/2023), Polres Sukoharjo gantian menyiapkan beberapa skema pengamanan saat malam pergantian tahun.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Sigit melalui Kasi Humas Polres Sukoharo, Kompol Daryanta menjelaskan pengamanan agenda Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) dimulai sejak Jumat (22/12/2023) hingga 2 Januari 2024.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Tapi kegiatannya nanti puncaknya tanggal 31 Desember 2023,” terang Daryanta saat dihubungi Solopos.com melalui sambungan telepon pada Minggu (25/12/2023).

Pada Minggu (24/12/2023), pihaknya telah melakukan pengamanan untuk kegiatan-kegiatan yang berfokus di tempat ibadah.

“Di tempat-tempat Misa Natal, gereja-gereja besar di Solo Baru, di Kartasura, dan gereja-gereja lain yang ada di wilayah Kabupaten Sukoharjo,” tambah dia.

Daryanta menguraikan Malam Misa Natal pada Minggu lalu berjalan aman dan lancar. Pihaknya juga bekerja sama dengan TNI, Polri, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan patroli skala besar yang menyasar tempat ibadah dan titik-titik keramaian.

Sementara itu, soal pengamanan malam pergantian tahun, Daryanta mengatakan belum ada surat izin masuk berkaitan dengan acara malam pergantian tahun, misalnya pesta kembang api.

“Surat yang masuk terkait dengan malam kegiatan pergantian tahun ini belum ada, biasanya untuk pesta kembang api. Tapi sampai saat ini belum ada,” kata Daryanta.

Lebih lanjut, Daryanta menjelaskan pengamanan malam pergantian tahun berfokus di pusat kegiatan masyarakat. “Misalnya di Alun-Alun dan Solo Baru,” ujarnya.

Daryanta juga menjelaskan belum ada arahan terkait larangan pesta kembang api.

“Kalau itu menunggu perintah dari atas [pimpinan], tapi saat ini belum ada pengajuan dari pihak manajemen yang biasanya melakukan pesta kembang api,” tambahnya.

Kasubsi Penmas Sie Humas Bripka Eka Prasetia menambahkan ibadah Natal di Sukoharjo berjalan dengan aman.

“Situasi sampai saat ini pengamanan ibadah Natal aman dan lancar. Personel dari Polri dan Kodim melaksanakan pengamanan di gereja-gereja yang melaksanakan kegiatan ibadah,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya