SOLOPOS.COM - Ilustrasi perbaikan jalan (Dok//JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi perbaikan jalan (Dok//JIBI/SOLOPOS)

SUKOHARJO–Realisasi perbaikan delapan ruas jalan di Kabupaten Sukoharjo menunggu proses lelang selesai.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pemeliharaan jalan itu menggunakan dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat dan pendampingan dari APBD Sukoharjo sebesar 10%.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, Jumadi, mengatakan ada delapan ruas jalan di Kabupaten Sukoharjo yang akan diperbaiki dengan dana DAK. Delapan ruas jalan itu di antaranya jalur Wirun-Palur, Tengklik-Jarum, Telukan-Cuplik, Weru-Tegalsari, Pajang-Parangtejo, Dompilan-Cendana, Sidomukti-Kartasura dan Bekonang-Kayuapak.

Total dana pemeliharaan jalan itu mencapai sekitar Rp6,29 miliar. Dana senilai Rp5,72 didapatkan dari DAK pemerintah pusat sementara Rp572 juta berasal dari dana APBD Sukoharjo.

“Saat ini sudah masuk proses lelang di layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Sukoharjo. Beberapa lelang gagal dan harus diulang sejak awal. Tetapi proses perbaikan jalan harus dimulai tahun ini,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Selasa (18/6/2013).

Menurut Jumadi, lelang kali pertama dilaksanakan pada awal Juni 2014. Proses lelang diharapkan berjalan lancar sehingga awal Juli diharapkan rekanan pihak ketiga sudah menandatangani kontrak kerja dengan Pemkab. Ia juga tidak dapat menentukan kapan pembangunan dimulai karena bergantung dengan proses lelang di LPSE. Ia juga tidak bisa memastikan apakah perbaikan jalan dapat selesai sebelum Lebaran.

Namun, secara rutin ia mengaku sudah melakukan penambalan di kedelapan ruas jalan terutama yang berada di jalur strategis. Sehingga diharapkan pada saat arus mudik dan arus balik, jalan dapat digunakan secara optimal.

“Delapan ruas jalan itu diperbaiki karena merupakan jalur strategis. Kami sudah melakukan penambalan secara rutin sehingga diharapkan memasuki bulan puasa dan Lebaran jalan bisa digunakan seperti biasa,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya