SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembangunan trotoar (JIBI/Harian Jogja/Solopos)

 Sejumlah pekerja tengah mengecor lantai trotoar yang ada di Jl. Veteran, Klaten, Kamis (29/8/2013). ( Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)


Sejumlah pekerja tengah mengecor lantai trotoar yang ada di Jl. Veteran, Klaten, Kamis (29/8/2013). (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KLATEN — Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Klaten kembali mengalokasikan dana senilai Rp4 miliar untuk memperbaiki trotoar yang tersebar di tujuh titik di Klaten.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Saat ini, perbaikan proyek di tujuh titik itu sudah mulai dikerjakan. Ke tujuh titik itu tersebar di empat titik Kota Klaten dan tiga titik kecamatan. Empat titik di Kota Klaten itu yakni ada di Jl. Veteran, Jl. Rajawali, Jl. Merbabu dan Jl. KS Tubun. Sedangkan tiga titik di kecamatan itu berada di Jatinom, Cawas dan Delanggu.

Kepala Bidang Pertamanan DPU Klaten, Marsana, saat ditemui wartawan di alun-alun Klaten, Kamis (29/8/2013), mengatakan anggaran senilai Rp4 miliar itu berasal dari APBD. Menurutnya, perbaikan di empat titik di kota itu merupakan tindak lanjut dari perbaikan trotoar pada 2012.

Sebelumnya, pada 2012 DPU Klaten mengalokasikan dana Rp5 miliar dari APBD untuk melakukan pemugaran trotoar di tujuh ruas. Ketujuh ruas yang dijadwalkan dipugar itu di antaranya kawasan Jongranggan-Monumen Joeang ’45, Monumen Joeang ’45-Ngingas, Ngingas-Bareng, Bareng-Plaza Matahari, Plaza Matahari-Toko Laris, Toko Laris-BRI Klaten dan BRI Klaten-Tegalyoso.

Namun, setelah didesain ulang, dana Rp5 miliar itu hanya cukup untuk memugar trotoar jalan pada lima ruas jalan. Dua ruas yang belum tidak jadi dipugar itu yakni Ngingas-Monumen-Jonggrangan. Oleh sebab itu, DPU kembali menganggarkan dana untuk menyelesaikan perbaikan trotoar tersebut. “Perbaikan kami lakukan menyeluruh karena ada masukan sebaiknya dipugar semua supaya sama.”

Menurutnya, perbaikan trotoar itu untuk keindahan dan kenyamanan Kota Klaten. Sementara, pantauan Solopos.com di Jl. Veteran, Klaten, sejumlah pekerja tengah melakukan pengecoran lantai trotoar kemarin. Pengerjaan pemugaran trotoar itu dilakukan oleh CV Makmur Sejahtera, Klaten.

Petugas pelaksana teknis,  Sumarjo, mengatakan pemugaran trotoar dilakukan hingga sepanjang sekitar 1 Kilometer (Km) di Jl Veteran. Sepanjang 1 Km itu terbagi menjadi dua sisi trotoar yang ada di Jl Veteran. “Masing-masing sisi trotoar sekitar 500 meter (m), dimulai dari depan PMI hingga gedung olahraga,” jelasnya kepada wartawan. Diperkirakan perbaikan trotoar akan selesai akhir Oktober.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya