SOLOPOS.COM - Event Keroncong Pop Jawa di Teras Monpers, Sabtu (27/1/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Monumen Pers Nasional Solo konsisten dalam memperkuat gerakan literasi dan mempromosikan kebudayaan lewat live musik keroncong pop Jawa. Pagelaran musik rakyat kembali digelar dengan dimeriahkan kelompok musik keroncong Nuswa pada Sabtu (27/1/2024) mulai pukul 19.00 WIB.

Pagelaran live musik menjadi kegiatan rutin yang digelar setiap bulan di teras Monumen Pers Nasional Solo, Jalan Gajah Mada No 59, Kelurahan Timuran, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Acara itu dilaksanakan sejak 2022 dan mendapat sambutan positif dari masyarakat. Antusiasme tinggi masyarakat tercermin dengan banyaknya penonton saat event itu digelar.

Kini, pagelaran live musik keroncong pop Jawa kembali hadir sebagai hiburan bagi masyarakat Kota Solo. Live musik ini merupakan event perdana di 2024.

“Konsep acaranya tidak jauh beda dengan event-event sebelumnya. Kami ingin memperkenalkan sekaligus mempromosikan kebudayaan Jawa lewat musik keroncong,” kata Kasubag Umum Monumen Pers Nasional, Kuncoro Mahendro Suryo, Jumat (26/1/2024).

Yoyok, sapaan akrabnya, mengatakan Monumen Pers Nasional mulai bertransformasi menjadi ruang publik untuk menguatkan gerakan literasi masyarakat sekaligus menjaga nilai-nilai kebudayaan. Selama ini, event live musik direspons positif oleh masyarakat di Kota Bengawan dan sekitarnya.

Mereka bisa menikmati lantunan lagu-lagu keroncong dan pop Jawa sembari menyantap makanan  dan minuman ala warung hik secara cuma-cuma alias gratis.

“Banyak pengguna jalan yang penasaran saat lewat Monumen Pers Nasional. Mereka mampir untuk menonton live musik. Jadi antusias masyarakat cukup tinggi,” ujar dia.

Sementara itu, Pranata Humas Monumen Pers Nasional Solo, Lazuardi Pratama mengatakan kelompok musik dari sekolah bakal tampil membuka event live musik dengan lagi keroncong atau lagu pop Jawa. Saat ini, lagu-lagu pop Jawa digandrungi oleh kaum milenial.

Ardi, sapaan akrabnya, mengatakan konsep pagelaran musik itu bakal digelar di teras Monumen Pers Nasional untuk mendekatkan dengan masyarakat maupun pengguna jalan.

“Sepanjang 2023, ada delapan kali live musik yang digelar Monumen Pers Nasional. Tahun ini, frekuensinya ditambah menjadi 10 kali,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya