SOLOPOS.COM - Jl A Yani di depan Masjid Raya Sheikh Zayed, Gilingan, Solo, rencananya hanya akan ditutup saat tamu VVIP peresmian masjid melintas pada Senin (14/11/2022). Foto diambil belum lama ini. (Dok Solopos)

Solopos.com, SOLO — Seremonial peresmian Masjid  Raya Sheikh Zayed di Kelurahan Gilingan, Banjarsari, Solo, pada Senin (14/11/2022), berpengaruh pada manajemen rekayasa lalu lintas di Jl A Yani di depan masjid tersebut.

Jl A Yani rencananya ditutup namun hanya saat rombongan mobil tamu VVIP melewati jalur untuk menuju atau keluar area masjid. Rencananya, acara tersebut dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sejumlah pejabat pemerintah juga dipastikan menghadiri acara tersebut. Satlantas Polresta Solo, Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, dan panitia peresmian masjid terus mematangkan persiapan sembari menunggu informasi protokoler dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Untuk sementara, Jl A Yani di depan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo ditutup hanya saat dilewati rombongan mobil tamu VVIP peresmian baik menuju maupun pulang dari masjid.

“Saat dilewati mobil tamu VVIP dilakukan rekayasa lalu lintas. Jl A Yani ditutup sementara. Setelah mobil tamu VVIP tertata rapi, jalan kembali dibuka untuk masyarakat,” kata Wakasatlantas Polresta Solo, AKP Sutoyo, mewakili Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Agus Santoso, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (11/11/2022).

Baca Juga: Sentuhan Batik di Lantai Bikin Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Makin Cantik

3 Lokasi Parkir Kendaraan Pengunjung

Rapat persiapan peresmian masjid dilakukan berkali-kali yang diikuti lintas sektoral, termasuk tokoh masyarakat, tokoh agama, dan perwakilan masyarakat di Kelurahan Gilingan, Banjarsari. Bahkan, pemerintah telah menyiapkan beberapa lokasi kantong parkir kendaraan bermotor.

Lokasi parkir tersebut yakni di Terminal Tirtonadi, kawasan Manahan, dan Denbekang IV-44-04 Surakarta. Para tamu undangan peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Solo bisa berjalan kaki atau naik bus yang disiapkan panitia menuju lokasi peresmian masjid.

“Yang jelas, lokasi depan masjid steril kendaraan bermotor, kecuali mobil tamu VVIP,” ujar Sutoyo. Lantaran dihadiri dua kepala negara, persiapan peresmian masjid melibatkan protokoler Sekretariat Negara (Setneg) dan Paspampres.

Baca Juga: Solo Padat Agenda Besar Pekan Depan, Ini Jalan yang Ditutup dan Pengalihannya

“Kami terus berkoordinasi, bisa jadi ada perubahan sesuai arahan Setneg atau Paspampres. Prinsipnya, kami siap mengamankan jalur yang dilewati rombongan mobil tamu VVIP saat acara peresmian masjid,” ujarnya.

Seperti diketahui, peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Solo dimajukan dari jadwal semula Kamis (17/11/2022) menjadi Senin (14/11/2022) karena menyesuaikan jadwal Presiden Jokowi yang baru pulang dari mengikuti KTT ASEAN di Kamboja pada 10-13 November dan sebelum ke KTT G20 di Bali pada 15-16 November.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya