SOLOPOS.COM - Kepala Kantor Imigrasi Solo, Said Ismail (tengah), menyampaikan capaian kinerja tahun 2020 di Kantor Imigrasi Solo pada Rabu (30/12/2020) siang. (Istimewa/Humas Kantor Imigrasi Solo)

Solopos.com, SOLO -- Penerbitan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Solo selama 2020 menurun hingga 55,6 persen daripada tahun sebelumnya.

Hal itu karena pandemi virus corona yang berdampak pada pembatasan aktivitas mobilitas internasional. Kepala Kantor Imigrasi Solo, Said Ismail, menyampaikan hal tersebut dalam jumpa pers melalui aplikasi Zoom, Rabu (30/12/2020) siang.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Said merinci Kantor Imigrasi Solo menerbitkan 1.878 paspor 24 halaman pada 2019. Sedangkan pada 2020 tidak ada lagi penerbitan paspor 24 halaman sesuai aturan Dirjen Imigrasi.

Ekspedisi Tim Karsa Susur Bengawan Solo Temukan WC Umum Di Bibir Sungai

Kemudian, pada 2019 tercatat penerbitan paspor 48 halaman di Kantor Imigrasi Solo sebanyak 56.194 paspor. Namun, pada 2020 jumlahnya turun jadi hanya 25.747 paspor.

Dengan demikian, total keseluruhan pada 2019 Kantor Imigrasi Solo menerbitkan 58.072 paspor dan pada tahun 2020 menerbitkan 25.747 paspor, atau ada selisih 32.325 paspor.

“Secara keseluruhan penerbitan paspor menurun hingga 55,6 persen daripada tahun sebelumnya. Awal-awal pandemi, kantor imigrasi menutup pelayanan sementara dan kembali buka pada Juni atau era new normal. Tetapi, dampak pandemi benar-benar mengurangi mobilitas internasional,” paparnya.

Aneh, Motor Tak Dikenal Terparkir 3 Hari Dekat Waduk Gembong Sragen, Pemiliknya Ke Mana?

Paspor Calon Haji

Sementara itu, meskipun ibadah haji tahun ini ditunda karena pandemi, penerbitan paspor bagi calon haji tetap jalan di Kantor Imigrasi Solo. Total ada 4.654 paspor bagi calon jemaah haji Soloraya yang terbit pada 2020.

Menurutnya, paspor itu tetap berlaku lima tahun sehingga tetap bisa digunakan meskipun haji tahun ini ditunda. Pada sisi lain, Said menambahkan Kantor Imigrasi Solo berhasil meraih tiga penghargaan terkait penyelenggaraan pelayanan publik.

Ia menyebut penghargaan itu dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) terkait komitmen dan kerja sama dalam mewujudkan layanan berkualitas.

Duh, Klaster Covid-19 Muncul Di 3 Kantor Instansi Pemkot Solo

Kemudian, penghargaan dari pelayanan publik berbasis Hak Asasi Manusia (HAM) dari Menteri Hukum dan HAM. Penghargaan itu terkait pelayanan Kantor Imigrasi yang memperhatikan aksesibilitas penyandang disabilitas.

Penghargaan ketiga yakni predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Menpan RB. Said menyebut penghargaan itu sebagai komitmen mewujudkan pelayanan publik secara prima dan bersih dari korupsi.
(Ichsan Kholif Rahman)

Kepala Kantor Imigrasi Solo, Said Ismail (tengah), menyampaikan capaian kinerja tahun 2020 di Kantor Imigrasi Solo pada Rabu (30/12/2020) siang. (Istimewa/Humas Kantor Imigrasi Solo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya