SOLOPOS.COM - Ilustrasi perayaan malam tahun baru. (Freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO — Pemerintah Kabupaten Sukoharjo melarang sejumlah perhotelan dan pelaku usaha menyalakan kembang api saat perayaan Natal dan tahun baru 2023 atau Nataru 2023.

Imbauan tersebut juga berlaku untuk sejumlah hotel dan pelaku usaha di Sukoharjo.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Peringatan tersebut tertulis dalam Surat Edaran (SE) No. 556/5788 perihal imbauan Nataru Kabupaten Sukoharjo yang ditandatangani Sekretaris Daerah Kabupaten Sukoharjo, Widodo.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengimbau pemilik pelaku usaha dan perhotelan segera melaporkan diri terkait susunan acara dan kapasitas pengunjung sebelum perayaan Nataru.

“Saya minta untuk berkoordinasi dengan bagian intelejen untuk melengkapi berkas-berkasnya agar bisa tahu kira-kira seberapa banyak pengunjung, acaranya apa saja, sehingga jangan sapai berpotensi menimbulkan kerumunan yang berlebihan,” kata AKBP Wahyu saat ditemui Solopos.com, Rabu (22/12/2022).

Baca juga: Malam Tahun Baru di Wonogiri, Warga Boleh Pesta Kembang Api & Gelar Hiburan

AKBP Wahyu mengatakan hingga saat ini, sebanyak tiga hotel dan pelaku usaha di Sukoharjo telah melaporkan diri kepada pihak kepolisian untuk membuat perizinan menggelar perayaan natal dan tahun baru.

“Sampai saat ini ada tiga. The Park Solo berencana menggelar konser musik, Fave hotel & Mercure menyelenggarakan dinner di dalam hotel,” lanjut dia.

Public Relation officer The Park Mall Solo Baru, Devia, menegaskan telah mengajukan surat perizinan kepada pihak kepolisian terkait penyelenggaraan perayaan Nataru di The Park Mall.

“Iya betul, ini surat perizinannya [perayaan nataru 2023] sedang kami proses ke Polres Sukoharjo,” kata Devia saat dihubungi Solopos.com melalui sambungan WhatsApp, Kamis (22/12/2022).

Pihaknya mengatakan masih mempertimbangkan serangkaian acara yang akan dilaksanakan pada perayaan Nataru. Namun yang pasti akan ada perayaan Nataru di The Park Mall.

Baca juga: Catat Lur! Malam Tahun Baru di Wonogiri bakal Dimeriahkan Shaggydog & Ada Band

“Untuk acara Nataru kami masih mematangkan serangkaian acara dan menunggu perizinan dari kepolisisan,” lanjut dia.

Sebagai gambaran, Devia mengatakan acara di tempatnya nanti meliputi Culinary Fest pada 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 di Parkir Selatan The Park Mall, dan Kanimals Winter Wonderland mulai 16 Desember 2022 hingga 15 Januari 2023 di Atrium The Park Mall.

“Yang pasti kami ada year end sale, kuliner buka sampai pukul 00.00 WIB, kemudian ada hiburan untuk masyarakat,” imbuh Devia.

Public Relations Coordinator Favehotel Solo Baru, Nonik Ratna Dewi, menegaskan tidak akan ada perayaan tahun baru di Fave Hotel Solo Baru.

Baca juga: Pemkab Boyolali Izinkan Warga Nyalakan Kembang Api saat Tahun Baru

“Untuk acara di Fave Hotel Solo baru, kami fokus pada paket Room Compulsory. Tamu yang memesan kamar hotel saat 31 Desembet akan mendapatkan dinner menu nusantara dan hiburan live music,” kata Nonik saat dihubungi Solopos.com melalui sambungan telepon, Kamis (22/12/2022).

Ia menegaskan tidak akan ada perayaan tahun baru di Fave Hotel Solo Baru. Pihaknya menghormati kebijakan pemerintah terkait larangan menyalakan kembang api saat perayaan tahun baru.

“Terkait statement Kapolres dalam perayaan tahun baru, karena kami tidak ada perayaan tahun baru maka tidak melaporkan. Kemudian untuk larangan adanya kembang api, kami mendukung keputusan pemerintah sehingga bisa sama-sama berjalan agar perayaan natary bisa kondusif,” lanjut dia.

Nonik percaya okupansi akan tetap 100% karena pengunjung biasanya memesan saat menjelang tahun baru.

Baca juga: Bupati Sukoharjo Larang Warga Nyalakan Kembang Api pada Malam Tahun Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya