SOLOPOS.COM - Anak-anak RT 004/RW 005 Lingkungan Gerdu, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, tengah menari saat pentas seni di halaman gedung inventaris RT di daerah setempat, Sabtu (29/10/2022). Kegiatan itu digelar saat peringatan Hari Sumpah Pemuda dan HUT ke-37 Karang Taruna Purwa RT 004 (Istimewa/Roestam)

Solopos.com, WONOGIRI — Warga RT 004/RW 005 Lingkungan Gerdu, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri unjuk kebolehan dengan berpentas seni dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda dan HUT ke-37 Karang Taruna Purwa di halaman gudang inventaris RT setempat, Sabtu (29/10/2022) malam. Kegiatan itu sekaligus juga menjadi wadah membangkitkan karang taruna yang sempat meredup akibat pandemi Covid-19.

Ketua RT 004/RW 005 Lingkungan Gerdu, Roestam, mengatakan kegiatan pentas seni itu juga sebagai ajang silaturahmi dan bersosialisasi warga, khususnya para pemuda. Ia menilai saat ini jiwa sosial pemuda semakin menurun.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Terlebih sejak ada pandemi Covid-19. Mereka lebih banyak sibuk dengan handphone (HP) dibanding srawung dengan teman-temannya.

Selain itu, sekaligus sebagai momentum membangkitkan kembali karang taruna yang sempat meredup selama pandemi. Saat pandemi organisasi yang digawangi para pemuda itu sama sekali tidak memiliki kegiatan. Mereka vakum.

Padahal sebelum pandemi, banyak kegiatan-kegiatan yang digelar. Mereka kerap berkumpul. 

Baca Juga: 15.000 Orang Hadiri Jalan Sehat di Jatisari Wonogiri, Pedagang Panen Rezeki

“Kalau melihat orang-orang, saat ini itu lebih banyak bermain dengan handphone (HP)-nya. Padahal kalau hidup di kampung itu ya harus bersilaturahmi, berkumpul, srawung. Dengan begitu tercipta suasana yang aman, tenteram, dan menyenangkan. Nah ini momentum membangun itu kembali,” kata Roestam kepada Solopos.com, Minggu (30/10/2022).

Pada kesempatan itu, banyak orang menunjukkan kebolehannya di panggung dengan menyanyi dan menari. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Setiap ada warga yang tampil di panggung, suasana langsung meriah dan gemuruh. Mereka tampak bahagia lantaran sudah lama tidak ada kegiatan berkumpul dan bersenang-senang bareng dengan warga lain. 

“Hal semacam itu yang coba kami bangun kembali. Apalagi tokoh-tokoh Karang Taruna Purwa dulu selalu berpesan agar karang taruna terus berkontribusi pada masyarakat, pada warga. Sebagai organisasi pemuda , karang taruna harus mampu memberdayakan warga,” ujar dia.

Baca Juga: Berhadiah Seekor Sapi, Ribuan Orang Ikuti Jalan Sehat di Jatisari Wonogiri

Ketua Karang Taruna Purwa RT 004/RW 005, Septian Yoga Pratama, mengakui selama pandemi Covid-19 karang taruna yang ia pimpin sempat vakum dan tidak menyelenggarakan kegiatan apapun. Kini melalui kegiatan peringatan tersebut, karang taruna mulai berbenah dan bangkit kembali seperti saat sebelum pandemi. 

“Memang kami sempat enggak ada kegiatan selama pandemi. Kegiatan ini juga sebagai ajang bersosialisasi dan momentum kembali menghidupkan karang taruna yang sempat mati suri ini,” kata Septian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya