SOLOPOS.COM - Pengurus dan anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta berfoto bersama usai melakukan sosialisasi pentingnya minum susu dan pembagian ratusan susu gratis kepada siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Karanganyar di sekolah setempat dalam rangka memperingati Hari Susu Nusantara Sabtu (1/6/2024) pagi. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar sosialisasi pentingnya mengonsumsi susu sekaligus pembagian susu gratis kepada anak-anak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Karanganyar, Sabtu (1/6/2024) pagi. Kegiatan yang diikuti seratusan siswa tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Susu Nusantara yang jatuh tiap 1 Juni.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Sabtu (1/6/2024),  Ketua Umum HMI Komisariat FP UNS , Cladenta Rindu Exvanza, mengutarakan bahwa konsumsi susu di Indonesia masih terbilang rendah dibandingkan dengan negara-negara tetangga.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Salah satu penyebab utama rendahnya konsumsi susu di Indonesia adalah harga susu yang relatif mahal akibat rendahnya populasi sapi perah di dalam negeri.

“Sebagian besar susu segar harus diimpor, membuatnya tidak terjangkau bagi banyak kalangan masyarakat. Selain itu, banyak orang Indonesia yang mengalami intoleransi laktosa, yang mengakibatkan ketidaknyamanan setelah mengonsumsi susu dan menurunkan minat untuk mengonsumsinya,” kata dia.

Sementara itu, salah satu kader dari HMI Komisariat FP UNS sekaligus pemateri dalam kegiatan tersebut, Alif Rohmattullah, mengungkapkan bahwa susu punya kandungan nutrisi cukup lengkap, seperti vitamin A,B,D, kalsium dan fosfor.

“Mengonsumsi susu bermanfaat untuk mencegah osteoporosis, meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi serta mencegah terjadinya stunting untuk pertumbuhan anak-anak,” jelas dia.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terutama bagi anak-anak mengenai pentingnya mengonsumsi susu untuk generasi lebih maju.

Selain itu sebagai langkah awal dalam meningkatkan konsumsi susu di Indonesia. Dengan meningkatnya konsumsi susu di Indonesia diharapkan juga akan terjadi peningkatan produksi susu dari para peternak sapi di indonesia

Di sisi lain, Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Karanganyar, Edy Purwanto, menyambut baik dengan adanya kegiatan sosialisasi pentingnya minum susu dan pembagian susu gratis yang dilaksanakan oleh HMI Komisariat Fakultas Pertanian UNS.

“Dengan mengonsumsi susu harapannya dapat meningkatkan kecerdasan dari anak-anak sebagai generasi emas kedepannya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya