SOLOPOS.COM - Serangkaian kegiatan pembagian sembako oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sukoharjo bersama TNI dalam peringatan HUT ke-77 TNI, Rabu (12/10/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sukoharjo kali pertama membagikan sembako bersama TNI dalam peringatan HUT ke-77 TNI.

Kegiatan itu diinisasi oleh Koramil Kartasura, pembagian sembako itu turut menggandeng forum komunikasi pimpinan (Forkopimca) Kecamatan Kartasura dan juga Himpunan Mahasiswa Isalm (HMI) serta paguyuban tahu Kranggan Wetan, Kartasura di Makoramil Kartasura, Rabu (12/10/2022).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Wakil Ketua ll Baznas Sukoharjo Bidang Pendistribusian, Lukman Hakim mengatakan kegiatan pendistribusian paket sembako bersama unsur TNI ini merupakan kali pertama kerjasama yang dilakukan Baznas Sukoharjo.

“Ini pertama kali Baznas [Sukoharjo] penyaluran paket sembako dengan TNI [melalui Koramil Kartasura] dan ke depan akan menjalin kerjasama dengan Dandim 0726/Sukoharjo. Tapi untuk masyarakat umum sudah berkali-kali [kami membagikan sembako],” katanya usai pembagian sembako itu.

Lukman mengatakan di dalam Baznas terdapat program pengumpulan zakat, infaq, dan sedekah. Setelah terkumpul, kemudian didistribusikan ke fakir miskin.

Baca juga: Paytren Dinobatkan Sebagai Pengumpul Zakat Terbaik

“Ini termasuk pendistribusian ke fakir miskin bentuknya paket sembako. Di Baznas kami punya parameter dalam penilaian layak atau tidaknya, dan kita plenokan, menengok dari sisi syariahnya dan regulasinya,” terang Lukman.

Sementara itu, untuk menepis anggapan masyarakat jika HMI hanya bisa menggelar aksi unjuk rasa, perwakilan HMI Sukoharjo turut terlibat dalam kegiatan sosial itu.

Menurut Ketua Umum HMI Cabang Sukoharjo, Fierdha Abdullah Ali, aksi unjuk rasa yang digelar HMI termasuk  wujud kepedulian masyarakat. Namun dalam skala umum HMI diwajibkan ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial ke masyarakat.

“Selama ini mungkin [yang nyaring terdengar] demonstrasinya, padahal banyak hal diluar demonstrasi yang kami lakukan untuk menyumbangkan tenaga dan waktu kami sebagai anak milenial kepada masyarakat. Termasuk ini juga pertama kali bakti sosial kami dengan TNI,” ujarnya.

Ratusan paket sembako dibagikan Koramil 06/Kartasura dalam rangka HUT TNI ke-77. Danramil 06/Kartasura Kapten (Inf) Marfiyanto mengatakan sembako tersebut dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan di wilayah Kecamatan Kartasura berdasarkan pendataan yang dilakukan Babinsa.

Baca juga: Terus Meningkat Tiap Tahun, Baznas Klaten Himpun Zakat Rp4,5 Miliar

“Ini merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap warga kurang mampu. Data penerima bantuan paket sembako kami himpun melalui Babinsa di mana mereka yang lebih mengetahui kondisi warga binaannya,” kata Kapten Inf Mardiyanto disela baksos di Koramil setempat, Rabu (12/10/2022).

Danramil berharap paket sembako yang diberikan dapat bermanfaat dan meringankan beban masyarakat. Selain itu kegiatan tersebut juga dimaksudkan sebagai sarana membangun silaturahmi antara TNI dan Rakyat.

“Kegiatan baksos ini juga sesuai dengan tema HUT TNI ke-77 yakni TNI adalah Kita. Artinya, antara TNI dengan masyarakat itu tidak ada sekat pemisahnya, karena dari kekuatan rakyatlah TNI itu bermula. Kalau rakyatnya kuat, tentu TNI juga kuat,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Danramil menyampaikan ucapan terima kasih kepada sejumlah pihak yang telah membantu dan turut berpartisipasi dalam kegiatan kali itu.

Baca juga: Baznas Banjarnegara Kembali Serahkan Bantuan untuk Masyarakat Rp773 Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya