SOLOPOS.COM - Dandim Letkol (Inf) Yoga Yastinanda (dua dari kiri) menyerahkan paket sembako kepada para warga yang membutuhkan saat peringatan HUT Kemerdekaan di Pasar Mojo Sragen, Senin (14/8/2023). (Istimewa/Kodim Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Ratusan warga kurang mampu dari berbagai daerah di Kabupaten Sragen antre mendapatkan paket sembako di Pasar Mojo, Sragen, Senin (14/8/2023). Pembagian paket sembako dari Kodim 0725/Sragen tersebut merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI.

Prajurit Kodim Sragen juga menanam 220 pohon keras sebagai upaya penghijauan di Pulau Sepatu yang terletak di Dukuh Ngadirojo, Desa Sambungmacan, Sragen. Penanaman pohon secara simbolis dilakukan Dandim 0725/Sragen Letkol (Inf) Yoga Yastinanda bersama Kapolres Sragen AKBP Jamal Alam di lingkungan Pasar Mojo. Selain itu ada karya bakti dengan membersihkan lingkungan sekitar Pasar Bunder dan Pasar Mojo.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sasaran pembagian 300 paket sembako itu adalah warga kurang mampu dan yang memiliki anak berisiko stunting. Mereka antre menerima paket sembako yang diserahkan Dandim langsung. Sebanyak 200 penerima di antaranya dari 20 koramil dan 100 penerima lain dari Kodim.

Pembagian sembako ini diawali dengan seremonial oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono secara virtual. Kegiatan tersebut serentak dilaksanakan di seluruh Kodim di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Kegiatan ini untuk memeriahkan HUT ke-78 Kemerdeaan RI. Ada tiga kegiatan yang dilaksanakan, yakni karya bakti, bakti sosial, dan penghijauan. Karya bakti dilaksanakan dengan bersih-bersih di seputaran Pasar Bunder dan Pasar Mojo. Baksos dilakukan dengan memberikan 300 paket sembako kepada warga kurang mampu dan veteran. Kemudian untuk penghijauan dilakukan dengan menanam pohon keras sebanyak 220 batang di Pasar Mojo di Sambungmacan,” ujar Dandim, Letkol (Inf) Yoga Yastinanda, Senin siang.

Kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI berlanjut pada Selasa (15/8/2023) besok berupa donor darah yang ditargetkan bisa menyumbang 150 kantong darah ke Palang Merah Indonesia (PMI) Sragen. Kegiatan ini diinisiasi Pangdam IV/Diponegoro dan dilaksanakan serentak di seluruh Kodim se-Jateng dan DIY.

“Tujuannya untuk saling berbagi dengan masyarakat kurang mampu dan juga sinergi antara TNI dan Polri dalam menguatkan kesatuan dan persatuan bangsa,” katanya.

Salah satu warga yang menerima bantuan sembako itu adalah Sumiyati.  Warga Jurangjero, Karangmalang, Sragen, yang datang bersama anaknya ini senang dengan dapat bantuan itu karena bisa mengurangi bebannya. Hal yang sama dirasakan seorang Veteran bernama Bambang, 71, yang juga menerima bantuan serupa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya