SOLOPOS.COM - Poster donasi untuk veteran asal Gladagsari, Ngateman, 103, dari Riding Santuy Boyolali. (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI — Dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia pada 2023 ini, komunitas pemotor dari Riding Santuy Boyolali menggalang dana untuk salah satu veteran yang beralamat di Dukung Karangsari, Desa Kaligentong, Kecamatan Gladagsari, Boyolali.

Koordinator Riding Santuy Boyolali, Joko Sulisno, menyampaikan target sasaran dari penerimaan donasi adalah veteran bernama Ngateman, 103.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sulis menjelaskan penggalangan dana dilaksanakan dengan dua metode, yaitu daring dan luring. Metode luring, jelas Sulis telah dilaksanakan dengan cara riding bareng pada Kamis (17/8/2023). Jalur riding rutin tersebut dilaksanakan mulai dari Monumen Tiga Menara hingga Gedung Mahesa.

Pada kesempatan tersebut, uang kurang lebih Rp400.000 telah terkumpul dan 80 pemotor yang turut bergabung dalam Riding Kemerdekaan. Sedangkan untuk penggalangan dana daring bisa diberikan dengan mengirimkan uang seikhlasnya ke rekening Sulis dari 15-24 Agustus.

“Bisa dikirim ke rekening BNI atas nama Joko Sulisno. Rencana donasi akan kami berikan pada Jumat, 25 Agustus pagi. Sehingga penutupan donasi akan kami lakukan pada 24 Agustus,” ujar dia kepada Solopos.com, Senin (21/8/2023).

Sasaran RSB diberikan kepada Ngateman, ujar Sulis, karena menurutnya veteran tersebut sosok yang sangat inspiratif.

Ia menceritakan karena Ngateman tidak tercatat memiliki dokumen veteran. Akan tetapi berdasarkan informasi yang Sulis terima, Ngateman turut berjuang merebut kemerdekaan, dokumennya harus hilang untuk menyelamatkan dirinya saat dikepung penjajah.

“Jadi berdasarkan cerita Mbah Ngateman, kartu anggota [pejuang] ditelan sewaktu dikepung penjajah. Itu untuk menyelamatkan diri,” kata dia.

Di usia Ngateman yang telah 103 tahun, Sulis mengagumi semangat Ngateman yang masih membara. Ia juga berharap ada simpati dari pihak tertentu untuk Ngateman.

“Mungkin juga ada banyak veteran lain yang kurang beruntung seperti beliau, yang dulunya bertaruh nyawa untuk kedaulatan Indonesia tapi sekarang nasibnya malah kurang beruntung,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya