SOLOPOS.COM - Warga membawa hewan peliharaan seperti anjing dan kucing untuk disuntik vaksin rabies di pendopo Kelurahan Kadipiro, Banjarsari, Solo, Sabtu (7/10/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Memperingati World Rabies Day (WRD) 2023, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Solo menggelar vaksinasi rabies anjing dan kucing massal. Kegiatan ini dimanfaatkan banyak warga pemilik dua jenis hewan peliharaan itu.

Kegiatan vaksinasi rabies dipusatkan di pendopo Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Solo, Sabtu (7/10/2023). Kegiatan vaksinasi rabies secara serentak se-Indonesia itu juga bagian dari pemecahan rekor MURI.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Selain di pendopo Kelurahan Kadipiro, vaksinasi rabies juga dilakukan di Laboratorium Kesehatan Hewan Solo di Mojosongo.

Kepala Bidang (Kabid) Veteriner Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Solo, Agus Sasmita mengatakan jumlah anjing yang disuntik vaksin rabies ada 44 ekor. Sedangkan kucing 123 ekor. “Kegiatan vaksinasi rabies merupakan bagian dari peringatan WRD 2023. Sekaligus menjaga status Jawa Tengah bebas rabies,” kata dia.

Menurut Agus, antusiasme warga tinggi mengikuti kegiatan vaksinasi rabies tersebut. Artinya, kesadaran warga agar hewan peliharaan tidak terinfeksi rabies tinggi.

Mereka menyadari hewan peliharaan seperti anjing dan kucing berisiko mengidap rabies dan membahayakan manusia di sekitarnya. “Khusus pemecahan rekor MURI vaksinasi rabies serentak dan terbanyak dipusatkan di pendopo Kelurahan Kadipiro. Namun, petugas kesehatan hewan juga melayani vaksinasi rabies di Laboratorium Kesehatan Hewan Solo di Mojosongo,” papar Agus.

Ia mendorong para pemilik hewan peliharaan agar melakukan vaksinasi rabies secara rutin. Biasanya, vaksinasi rabies dilakukan sekali setahun. Para pemilik hewan peliharaan lain bakal diedukasi agar melakukan vaksin rabies demi kesehatan anjing atau kucing.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya