SOLOPOS.COM - Ilustrasi upaya peneliti menciptakan vaksin virus corona. (Shutterstock.com)

Solopos.com, SOLO -- Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Solo mengungkapkan perkembangan kasus positif virus corona dengan penambahan sebanyak 15 kasus baru pada Jumat (2/10/2020).

Tambahan 15 kasus baru konfirmasi positif itu, ada empat yang dari kategori anak usia sekolah. Mereka yakni remaja 14 tahun asal Kelurahan Sumber, remaja umur 13 tahun dan 17 tahun asal Tipes, serta remaja 14 tahun asal Purwosari.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Selain itu, Satgas juga mencatat tambahan satu kasus baru konfirmasi positif yang merupakan rantai klaster perkantoran wilayah Jebres, Solo. Klaster ini mendapat perhatian serius dari Satgas.

Tanpa Uyuk-uyukan Rebutan Apam, Begini Jalannya Tradisi Yaa Qowiyyu Jatinom Klaten

Hal itu karena dalam perkembangan tracing terhadap kasus positif Covid-19 dari klaster  perkantoran, Jebres, Solo, ini ternyata rantainya panjang.

Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo melakukan tracing kontak kasus konfirmasi positif hingga empat lapis dari klaster ini. Awalnya ada salah seorang pegawai kantor tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

Kemudian Satgas melakuan tracing yang menyasar keluarga. Pada tracing lanjutan, pasangan pegawai tersebut ikut tertular sehingga tracing pun terus berkembang.

Muncul Klaster Kuliner Rumah Makan Ayam Goreng Sukoharjo, 11 Orang Positif Covid-19

“Setelah itu, tukang pijat dari pasangan pegawai itu juga ikut tertular. Nah, tukang pijatnya ternyata juga menularkan lagi virus tersebut ke pelanggannya. Jadi, rantainya cukup panjang. Data pelanggan itu masuk Jumat ini,” terang Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih, kepada Solopos.com, Jumat sore.

Ning, sapaan akrabnya, mengatakan 14 tambahan kasus baru lainnya pada perkembangan Covid-19 Solo pada Jumat ini meliputi delapan kasus dari uji swab mandiri.

Kumulatif Kasus Positif

Kemudian tiga kasus dari tracing kontak kasus sebelumnya, dan tiga sisanya dari pasien suspek yang naik kelas jadi konfirmasi.

Update Covid-19 Klaten: Positif Tambah 13 Kasus, 1 Orang Meninggal, 21 Sembuh

Tambahan ini membuat kumulatif kasus positif Covid-19 menjadi 711 orang. Perinciannya, 539 orang sembuh/pulang, 106 orang isolasi mandiri, 37 orang rawat inap, dan 29 orang meninggal dunia.

Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani, meminta warga terus mewaspadai perkembangan kasus yang stabil tinggi dari hari ke hari.

Selain itu, kasus-kasus baru selalu memiliki ekor sehingga petugas cukup kewalahan melakukan tracing lantaran rantainya panjang.

1.473 Warga Klaten Terjaring Razia Masker, Banyak Tenaga Untuk Bersihkan Fasilitas Umum Dong!

Berdasarkan perincian domisili, tambahan 15 kasus itu masing-masing dua orang dari Sumber, Purwosari, Tipes, dan Kadipiro.

Kemudian, masing-masing seorang dari Kelurahan Banjarsari, Mojosongo, Nusukan, Jebres, Joyotakan, Banyuanyar, Mangkubumen.

Sedangkan catatan kumulatif pasien suspek menyentuh 1.192 orang, dengan perincian 1.121 orang sembuh, 12 orang rawat inap (suspek aktif), satu orang isolasi mandiri, dan 58 suspek meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya