SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

PERMAKAMAN KRITIS--Warga mencari bunga Kamboja di TPU Bonoloyo, Solo, Jumat (14/5/2011). TPU tersebut merupakan salah satu areal permakaman di Kota Solo yang lahan kosongnya kritis.

Solo  (Solopos.com)--Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tetap menyiapkan alternatif solusi menyangkut persoalan kritisnya lahan pemakaman di wilayah Kota Bengawan. Meski saat ini Solo telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) No 10/2011 tentang Pemakaman yang salah satunya mengatur makam tumpuk.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Budi Suharto saat ditemui wartawan seusai mengikuti rapat sinkronisasi RAPBD 2012 di Gedung Dewan baru-baru ini mengakui perluasan lahan makam cukup mendesak.

Pembelian lahan baru itu merupakan salah satu alternatif yang selama beberapa waktu terakhir ini sempat diwacanakan antara Pemkot, DPRD dan segenap elemen masyarakat. Namun perluasan itu hanya dimungkinkan dengan pembelian lahan di luar kota.

Menurut Sekda, perluasan lahan itu juga dapat menjadi solusi atas persoalan semakin sempitnya lahan pemakaman di Solo, termasuk jika ada penolakan atas pemberlakuan makam tumpuk. Namun Sekda mengakui sejauh ini belum mengajukan alokasi anggaran untuk pembelian lahan pemakaman di luar kota. Terkait hal itu, pihaknya akan mengkaji terlebih dulu kebutuhan dananya.

Ditemui terpisah, Selasa (6/12/2011), Ketua DPRD Kota Solo, YF Sukasno mengakui belum ada pengajuan anggaran dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dalam kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) 2012 untuk pembelian lahan pemakaman di luar kota.

”Ya mungkin saja diajukan nanti di perubahan (APBD-P 2012) atau tahun depannya lagi,” kata Sukasno.

(sry)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya