SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengurusan kartu AK-1 alias kartu kuning (Rohmah ErmawatiJIBI/Solopos)

ILUSTRASI (Rohmah ErmawatiJIBI/SOLOPOS)

KLATEN--Jumlah permintaan kartu kuning atau AK-1 di Kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) sepanjang bulan Juni 2012 ini mengalami peningkatan hingga 100% dibandingkan pada bulan-bulan sebelumnya.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Data yang dihimpun Solopos.com di Kantor Dinsosnakertrans Klaten, Jumat (29/6/2012), menyebutkan jumlah permintaan AK-1 sejak tanggal 1-28 Juni 2012 ini mencapai 1.446 buah. Jumlah itu mengalami peningkatan signifikan mengingat pada bulan-bulan sebelumnya permintaan AK-1 hanya berkisar 500 hingga 700 buah.

“Permintaan AK-1 ada peningkatan hingga 100%. Permintaan AK-1 kebanyakan berasal dari lulusan SLTA tahun ini yang ingin mencari pekerjaan,” ujar petugas pelayanan permintaan AK-1 pada Dinsosnakertrans Klaten, Handian Pradipta Wijaya, saat ditemui wartawan di sela-sela kesibukannya, Jumat.

Handian menjelaskan, permintaan AK-1 selama bulan Juni ini rata-rata berkisar 70-80 buah/hari. Puncak tingginya permintaan AK-1 terjadi pada tanggal 4 Juni lalu yang mencapai 133 buah dalam sehari. “Di luar bulan Juni, permintaan AK-1 rata-rata hanya berkisar 30-60 buah/hari,” terang Handian.

Handian menambahkan, rata-rata para peminta AK-1 itu ingin bekerja di luar Klaten seperti Boyolali, Ungaran, Jakarta, Batam, dan lain-lain. Adapun beberapa bidang pekerjaan yang paling banyak diminati adalah garmen, tekstil, teknik mesin, teknik elektro, dan lain-lain. “Rata-rata mereka ingin bekerja di luar daerah. Jumlah pencari kerja di Klaten relatif sedikit,” katanya.

Siti Nurrohmah, 19, warga Wedi, mengaku ingin segera mendapatkan pekerjaan setelah menamatkan studinya di SLTA tahun ini. Dia berhasrat ingin bekerja di salah satu perusahaan garmen di Jogja. “Saya pilih di Jogja karena relatif lebih dekat dengan tempat tinggal saya,” papar wanita berjilbab itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya