SOLOPOS.COM - Suasana lalu lintas didekat Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Banjarsari, Solo, Rabu (16/11/2022). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO–Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) sebagai jalur pedestrian akan dibangun bersamaan dengan proyek penurunan dan pelebaran jalan di viaduk Gilingan. JPO yang dibangun akan menghubungkan antara Masjid Sheikh Zayed dengan Islamic Center.

Lokasi Islamic Center tersebut berada di sisi barat belakang masjid. Tepatnya di bagian belakang Kantor Detasemen Pembekalan Angkutan 9 (Denbekang) IV-44-04/Surakarta.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Site Manager Renovasi Viaduk Gilingan Niko Herlambang menuturkan pekerjaan utama mereka adalah penurunan dan pelebaran jalan. Namun, setelah selesai penurunan dan pelebaran jalan sekaligus pembuatan rumah pompa, pihaknya akan membangun JPO atau jalur pedestrian. JPO tersebut nantinya menghubungkan antara Masjid Sheikh Zayed dengan Islamic Center depan Denbekang.

“Di konstruksi jembatan kami ada semacam terowongan, nanti ada jalur pemisah untuk pejalan kaki. Yang nantinya, informasinya akan diperpanjang,” ujar dia usai rapat koordinasi di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Kamis (9/2/2023).

Panjang JPO diperkirakan sama dengan panjang jalan yang diturunkan di Viaduk Gilingan, yakni sekitar 250 meter yang berada di sisi selatan jalan.

Pihak Kementerian Agama merespons positif atas rencana pembangunan fasilitas JPO nanti untuk para pejalan kaki menuju Masjid Sheikh Zayed.

Kasubag Perencanaan Pengurus Masjid Sheikh Zayed Zainur Ikhsan Effendi mengatakan JPO yang dibangun memudahkan penyeberangan jamaah dari masjid menuju Islamic Center atau sebaliknya. Selain itu, keselamatan dari para pejalan kaki lebih terjaga dengan adanya pembangunan JPO.

“Selama ini, mereka berlalu lintas melewati viaduk dan membahayakan keamanan,” jelas dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya