SOLOPOS.COM - Calon peserta didik dibantu petugas operator mendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK 2022 pada hari terakhir di SMK Negeri 8 Solo, Jumat (1/7/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, BOYOLALI — Kuota Penerimaan Peserta Didik (PPDB) SMAN 1 Klego Boyolali pada 2022 terpenuhi yaitu sejumlah 252 murid. Sebelumnya, pada 2021 lalu, SMAN 1 Klego sempat kekurangan murid.

Ihwal pengalaman kekurangan murid tersebut disampaikan Waka Kesiswaan SMAN 1 Klego, Kukuh Haryanto, saat dijumpai Solopos.com di sekolahnya, Selasa (5/7/2022). “Tahun kemarin pengalamannya itu kami kekurangan murid. Jatahnya 216 kursi, tapi hanya dapat 200 anak,” terang dia.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sementara, kata Kukuh,  pendaftar PPDB 2022 di SMAN 1 Klego melebihi kuota yang diberikan yaitu sebanyak 252 kursi. Saking banyaknya sekitar 30-an pendaftar harus tergeser untuk memperebutkan kursi di SMAN 1 Klego.

“Animo masyarakat sangat besar sehingga anak-anak yang diterima sampai membludak. Murid-murid kami didapat dari jalur zonasi, jalur afirmasi, dan jalur prestasi,” terang dia.

Kukuh mengatakan pada tahun ini 252 murid yang diterima di SMAN 1 Andong terdiri dari 151 murid jalur zonasi, 50 murid jalur prestasi, dan 51 murid jalur afirmasi.

Baca juga: Problem PPDB di Boyolali: Sulit Ubah Mindset Terkait Sekolah Favorit

Kukuh mengatakan untuk pendaftar PPDB 2022 SMAN 1 Klego jalur zonasi , terjauh berada di jarak sekitar lima kilometer. Sedangkan untuk jalur prestasi, beberapa berasal dari murid luar Boyolali seperti Kalimantan Tengah, Jakarta, dan Jawa Barat.

“Untuk daftar ulang hari ini, dari 151 murid jalur zonasi, kurang 13 yang belum mendaftar. Kemudian untuk jalur prestasi kurang sembilan, jalur afirmasi juga sama kurang sembilan. Daftar ulang ini mulai hari ini sampai tanggal 7 Juli 2022,” terang dia.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Boyolali, Bambang Prihantoro, menilai pelaksanaan PPDB 2022 lebih baik dibanding tahun kemarin. “Saya bersyukur karena tahun ini PPDB kuota siswa SMAN se-Kabupaten Boyolali terpenuhi,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya