SOLOPOS.COM - Bak Penampungan Sampah Sementara di sudut tempat eks camping ground milik Desa Sendang, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Rabu (16/3/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemdes Sendang, Kecamatan Wonogiri membidik lahan tak bertuan seluas 2,5 hektare (ha). Lahan yang menjadi bekas bumi perkemahan atau camping ground di Dusun Sendang dinyatakan tak bertuan sejak 20 tahun terakhir.

Kepala Desa (Kades) Sendang, Sukamto, mengatakan pengambilalihan lahan seluas lebih kurang 2,5 ha ditujukan menambah aset desa. Pemdes Sendang masih melengkapi syarat administrasi terlebih dahulu pada 2022 ini.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Jika semua sudah beres Pemdes akan mengalokasikan anggaran,” katanya, saat dihubungi, Solopos.com, Minggu (27/3/2022).

Baca Juga: Pemdes Sendang Wonogiri Ingin Hidupkan Camping Ground

Sukamto mengatakan Pemdes Sendang pernah memiliki pengalaman mengambil alih lahan tak bertuan di Dusun Bendorejo seluas 1,3 ha, beberapa tahun lalu. Lahan berwujud tanah kosong itu berada di tepi jalan raya Wonogiri-Pracimantoro. Pemdes Sendang akan memanfaatkannya sebagai kawasan wisata kuliner yang akan dikelola kelompok masyarakat (pokmas).

“Waktu itu kami menempuh prosedur melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Dispera KPP), Sekretariat Daerah (Setda), BPN Wonogiri]. Alhamdulillah semua berjalan lancar dan sekarang lahan sudah menjadi aset desa. Saya yakin prosedur pengambilalihan lahan camping ground juga masih sama,” terang Sukamto.

Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Sendang Pinilih, Desa Sendang, Sunarno, mengaku sudah mengetahui rencana Pemdes Sendang yang ingin menghidupkan lagi bumi perkemahan di Dusun Sendang. Kades Sukamto mewacanakan hal tersebut sejak cukup lama.

Baca Juga: Lahan Tak Bertuan 2,5 Ha Bakal Diambil Alih Pemdes Sendang, Ada Apa?

“Sebelum mengelola lahan bumi perkemahan Pemdes Sendang akan melengkapi sarana dan prasarananya terlebih dahulu, seperti perbaikan jalan, memetakan fasilitas pendukung, dan memetakan area perkemahan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya