SOLOPOS.COM - Pemimpin Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkunagoro X dan Ketua DPD LDII Solo, Muhammad Zein saat penyerahan hewan kurban di Pondok Pesantren Budi Utomo Solo, Senin (17/6/2024). (Istimewa/Muhammad Zein)

Solopos.com, SOLO– KGPAA Mangkunagoro X menyerahkan hewan kurban kepada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Solo, Senin (17/6/2024). Total hewan kurban di LDII Kota Solo sebanyak 1.008 ekor tahun ini.

Ketua DPD LDII Solo, Muhammad Zein, mengatakan Mangkunagoro X menyerahkan sapi kurban secara langsung kepada LDII Kota Solo di Pondok Pesantren Budi Utomo Solo setelah salat Iduladha. Mangkunagoro X menyaksikan proses penyembelihan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Ini kali pertama beliau [menyerahkan hewan kurban untuk LDII Kota Solo] setelah naik takhta Mangkunagoro X,” jelas dia kepada Solopos.com, Senin (17/6/2024) sore.

Zain mengatakan LDII Kota Solo bersyukur atas pemberian hewan kurban dari Mangkunagoro X. Warga menyambut Mangkunagoro X dengan antusias. Mangkunagoro X membaur bersama warga saat menyaksikan proses penyembelihan.

“Total hewan kurban di LDII Kota Solo untuk sapi 410 ekor dan 598 ekor kambing tahun ini,” papar dia.

Sebelumnya, Zain menjelaskan Dewan Pimpinan Pusat LDII bekerja sama dengan kementerian terkait untuk persiapan Iduladha khususnya memberikan pelayanan untuk penyembelihan hewan kurban.

“LDII Solo ada dokter hewan untuk mengecek satu per satu kelayakan hewan kurban untuk disembelih maupun dibagikan kepada masyarakat,” ungkap dia.

Menurut dia, LDII Kota Solo menekankan hewan untuk kurban sesuai umur, tidak cacat, dan dari sisi kesehatan layak dikonsumsi. LDII Kota Solo juga meminta tata cara penyembelihan hewan kurban tidak menyiksa.

“Tim kami terjun ke bawah sidak, menemukan yang sakit, alhamdulilah sehat dan layak untuk hewan kurban,” papar dia.

Dia mengatakan LDII Kota Solo tidak hanya fokus pada jumlah hewan kurban. Namun, kualitas hewan kurban untuk warga.

Adapun LDII Solo menyiapkan sekitar delapan lokasi salat Iduladha 1445 H, Senin (17/6/2024). LDII Solo telah menyiapkan delapan lokasi untuk salat Iduladha di pondok pesantren maupun masjid di Solo.

Pantauan Solopos.com di Pura Mangkunegaran, Sabtu (15/6/2024), Mangkunagoro X telah menyiapkan sejumlah hewan kurban berupa sapi dan kambing untuk Iduladha tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya