SOLOPOS.COM - Lambang Partai Kebangkitan Bangsa. (Twitter)

Solopos.com, KLATEN — Perolehan kursi Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB di DPRD Klaten pada Pemilu 2024 masih sama dengan Pemilu 2019 yaitu empat kursi. Meski tak ada penambahan jumlah kursi, PKB tetap bersyukur.

Berdasarkan data hasil pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten yang diolah Solopos.com menggunakan metode Sainte Lague, empat kursi PKB itu diperoleh di daerah pemilih (Dapil) I, II, IV, dan V.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sedangkan caleg PKB yang diprediksi mendapatkan jatah kursi di DPRD Klaten itu yakni Muh Anwar dari Dapil I, Jumarno dari Dapil II, Ruslan Rosidi dari Dapil IV, dan Erny Handayani Widyaningsih dari Dapil V.

Empat caleg itu meliputi tiga petahana dan satu caleg baru. Wajah baru yang bakal mengisi perolehan kursi DPRD Klaten dari PKB yakni Erny Handayani Widyaningsih.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com dari infopemilu.kpu.go.id, Erny merupakan alumnus SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Dalam riwayat organisasi, perempuan asal Desa Paseban, Kecamatan Bayat, itu pernah menjadi Kabid Perekonomian PC Fatayat NU Klaten tapi keluar pada 2023.

Terkait perolehan kursi dan suara PKB yang tidak berubah, Sekretaris DPC PKB Klaten, Marzuki, mengatakan tetap patut disyukuri. “Walau tidak ada penambahan kursi DPRD Klaten, tetapi ada peningkatan perolehan suara PKB pada Pemilu ini sekitar 72.500 suara,” kata Marzuki saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu (6/3/2024).

Total perolehan suara PKB pada Pemilu 2024 untuk DPRD Klaten yakni 72.730 suara. Ada peningkatan sekitar 30 persen dibandingkan perolehan suara PKB pada Pemilu 2019 yang hanya 55.771 suara.

Marzuki mengatakan perolehan suara dan kursi PKB di DPRD Klaten pada Pemilu 2024 menjadi bahan evaluasi. Targetnya, pada penyelenggaraan Pemilu selanjutnya ada peningkatan jumlah suara maupun kursi PKB di DPRD Klaten.

“Tentu kami atas nama pengurus DPC menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh struktural partai baik DPC, DPAC, maupun ranting termasuk kepada semua caleg dan tim sukses atas kerja kerasnya memenangkan suara PKB,” kata Marzuki.

Disinggung persiapan menuju Pilkada, Marzuki mengatakan belum ada pembahasan lebih lanjut. “Belum ada instruksi,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya