SOLOPOS.COM - Organisasi Persatuan Pemuda Jawa Tengah (Jateng) saat menggelar konsolidasi di Posko Pemenangan Mas Dar di Solo, Minggu (9/6/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Persatuan Pemuda Jawa Tengah (Jateng) melakukan konsolidasi di Posko Pemenangan Mas Dar di Kota Solo, Minggu (9/6/2024). Hadir dalam pertemuan itu Dewan Pembina Persatuan Pemuda Jateng, Don Muzakir, dan Ketua Umum Persatuan Pemuda Jateng, Wahyu Putranto.

Dalam pertemuan yang diikuti perwakilan Persatuan Pemuda dari berbagai wilayah di Jateng tersebut disepakati untuk memenangkan Sudaryono dalam kontestasi Pilkada Jateng 2024. Selanjutnya akan dilakukan pemantapan gerakan pemenangan Sudaryono hingga tingkat bawah.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Kami melaksanakan apa yang diinstruksikan pimpinan, untuk tegak lurus mendukung dan memenangkan Mas Dar. Konsolidasi akan kami lanjutkan pemantapan dukungan hingga tingkat bawah,” Don Muzakir. Menurut dia Persatuan Pemuda Jateng punya peran penting.

Mereka harus terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat untuk menyuarakan pesan-pesan penting Sudaryono kepada generasi muda di Soloraya. Persatuan Pemuda Jateng harus bisa menyerap aspirasi masyarakat untuk memberikan kontribusi pemikiran ke Jateng.

Pernyataan senada disampaikan Wahyu Putranto yang menyebut saatnya generasi muda menjadi aktor utama pembangunan. Menurut dia, kaum muda berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 40/2009 tentang Kepemudaan, yakni yang berusia antara 16 tahun hingga 30 tahun.

Mereka dinilai belum cukup ideal dalam partisipasi pembuatan kebijakan publik. Kondisi itu harus menjadi bahan introspeksi atau evaluasi masyarakat, dan para pemangku kepentingan. Sebab pembangunan sektor kepemudaan bisa berdampak kesuksesan 10 tahun ke depan.

Sosok Sudaryono, menurut dia, merupakan representasi generasi yang mempunyai mimpi besar, agar semua generasi muda bisa menjadi agen perubahan. Hal itu selaras dengan slogan Sudaryono atau Mas Dar, yaitu mendengar, mengamati atau melihat, lalu berbuat atau bereaksi.

“Demokrasi memerlukan keterlibatan politik yang aktif dari generasi muda. Membawa energi baru, perspektif yang segar, dan gagasan inovatif dalam proses politik,” terang dia. Penuturan senada disampaikan Sekjen Persatuan Pemuda Jateng, Minarno.

Dia menyatakan segera menindaklanjuti arahan dari Dewan Pembina Persatuan Pemuda Jateng, untuk melakukan deklarasi dukungan kepada Sudaryono. Deklarasi akan dilakukan di setiap wilayah kabupaten/kota di Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya