SOLOPOS.COM - Rombongan pengurus DPD Partai Perindo dan Bacaleg mereka untuk DPRD Solo berpamitan kepada jajaran Komisioner KPU Solo, Jumat (12/5/2023) malam. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Pendaftaran 45 Bacaleg DPRD Solo yang diusung Partai Perindo untuk bertarung di Pemilu 2024, Jumat (12/5/2023), belum bisa diterima KPU Solo.

Sebab, syarat pengajuan bacaleg belum ada. “Intinya syarat pengajuan bakal calonnya belum ada. Jadi ini tadi statusnya [Perindo] baru konsultasi saja,” ungkap Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, saat diwawancara Solopos.com sekitar pukul 20.15 WIB.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dia menjelaskan, dokumen hardcopy yang seharusnya dicetak dari Sistem Informasi Pencalonan (Silon) belum ada. “Hardcopy seharusnya dicetak dari Silon belum ada. Artinya belum disampaikan, masih menunggu persetujuan dari DPP,” terang dia.

Lebih jauh Nurul menjelaskan syarat pengajuan bacaleg harus membawa hardcopy untuk dokumen pengajuan. Dikarenakan belum membawa dokumen itu kedatangan rombongan Partai Perindo ke KPU Solo dianggap baru sebatas konsultasi.

“Itu kan statusnya kan belum mengajukan, tapi konsultasi saja. Karena status mengajukan itu kalau sudah menyerahkan dokumen hardcopy dan soffcopy. Softcopy-nya melalui Silon, hardcopy-nya melalui output print out dari hasil Silon,” ungkap dia.

Belum lengkapnya Silon Partai Perindo Solo menurut Nurul karena belum ada persetujuan dari DPP Partai Perindo. “Jika belum mendapat persetujuan DPP, belum bisa dilanjutkan tahap berikutnya. Istilahnya klik kalau 100 persen,” urai dia.

Lantaran belum bisa diproses ke tahap berikutnya, Nurul mengatakan, jajaran Partai Perindo Solo disarankan untuk memproses kembali pendaftaran mereka pada Sabtu (13/5/2023) siang. Saran tersebut menurut dia diterima oleh jajaran pengurus Perindo Solo.

Sekira pukul 20.06 WIB rombongan Perindo Solo meninggalkan Kantor KPU Solo. Mereka dijadwalkan datang kembali ke KPU Solo pada Sabtu pukul 11.30 WIB, setelah Partai Golkar. Partai Golkar akan mendaftarkan Bacalegnya pukul 10.00 WIB.

Berdasarkan catatan Solopos.com rombongan pengurus DPD Partai Perindo Solo dan bacaleg mereka tiba di Kantor KPU Solo pada Jumat sebelum pukul 16.00 WIB. Mereka mesti menunggu hingga pukul 20.00 WIB lebih dikarenakan Silon belum 100 persen.

Sedangkan Ketua DPD Partai Perindo Solo, Milia Jamiati, saat diwawancara Solopos.com mengatakan pada prinsipnya partainya siap mendukung Pemilu 2024 dengan mendaftarkan 45 Bacaleg. Dia siap untuk datang kembali ke Kantor KPU Solo pada Sabtu.

“Hari ini sudah mendaftar, tapi kita kan serah terima dokumen, karena mengingat jam tadi yang seharusnya waktu kita diseseli sama PAN ya. PAN pergi dan akhirnya kita menunggu, karena waktu, kemudian kita lanjut besok,” tutur dia ke Solopos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya