SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok. SOLOPOS)

Solopos.com, KARANGANYAR – Sejumlah satwa liar di Gunung Lawu mulai turun gunung dalam beberapa hari terakhir. Diduga, sejumlah satwa liar tersebut turun gunung lantaran mencari makanan.

Kepala Desa Girimulyo, Ngargoyoso, Karanganyar, Suparno, mengatakan beberapa satwa liar yang sudah turun gunung, seperti kawanan kera, babi hutan, dan rusa. Satwa-satwa itu, lanjut dia, sering kali masuk ke area pertanian warga.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Yang dicari hewan itu biasanya bahan makanan. Mungkin karena persediaan makanan di gunung mulai menipis, hewan liar itu banyak yang turun dari gunung. Kalau sudah memperoleh makan, hewan liar itu kembali ke habitatnya [gunung],” kata Suparno saat ditemui di Ngargoyoso, Senin (20/10/2014).

Suparno menjelaskan kawanan kera biasanya mencari bahan makanan di daerah Parangijo dan Nglencong. Hal itu termasuk hewan rusa. Sedangkan, babi hutan biasanya berada di dekat gua Jepang, Girimulyo.

“Kalau yang babi hutan, sekali turun ada sekitar 6-7 ekor. Rata-rata yang dicari, tanaman pertanian warga, seperti talas dan singkong,” katanya.

Kepala Dinas Kehutanan Jateng, Bowo Suryoko, mengakui koleksi flora dan fauna yang ada di Gunung Lawu beraneka ragam. Perawatan aneka flora dan fauna tersebut harus melibatkan peran aktif masyarakat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya