SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KLATEN — Hasil olahan industri pohon aren asal Desa Daleman, Tulung, Klaten yang berupa bahan makanan terdistribusi hingga ke Indonesia bagian timur. Hal tersebut diungkapkan sejumlah pelaku industri pohon aren kepada Solopos.com, Selasa (3/9/2013).

Salah satu pelaku industri, Supartiman (47) mengatakan hasil olahan pohon aren tersebut terutama dijadikan bahan makanan berupa tepung dan bahan dasar pembuat mi instan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Ini hasilnya terdistribusi hingga ke daerah Sulawesi, NTT hingga ke Papua. Bahan makanan berupa tepung dan bahan pembuat mi instan,” ungkapnya.

Supartiman mengaku menggeluti industri yang termasuk industri rumahan ini secara turun temurun. Orang tuanya sejak puluhan tahun lalu sudah menggeluti usaha yang sama. Supartiman mengklaim hasil olahan pohon aren Daleman terkenal dengan kualitasnya yang lebih bagus dibanding di wilayah lain.

Para pengusaha bahan makanan, lanjut Supartiman, telah menyediakan truk kontainer yang diparkirkan tak jauh dari lokasi industri. Hal ini, kata dia, memudahkan pelaku industri saat hasil olahan siap dijual.

“Kami tinggal mengemas. Untuk penjualan, para pengusaha sudah menyediakan transportasi berupa truk-truk kontainer yang diparkirkan tak jauh dari sini,” paparnya.

Salah satu pelaku industri lain, Johan (41), mengatakan, bahan olahan tidak hanya berupa bahan makanan. Limbah pengolahan, lanjut Johan, bisa dimanfaatkan untuk makanan ternak.

“Tidak hanya olahan saja yang bisa menghasilkan. Limbah olahan juga bisa dijadikan makanan ternak. Biasanya, para peternak yang membutuhkan, datang sendiri menggunakan mobil bak terbuka untuk mengangkut limbah-limbah dari industri kami,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya