SOLOPOS.COM - Ganjar Pranowo (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO – Proyek pembangunan rumah renteng di utara Pura Mangkunegaran Solo dinilai layak dijadikan percontohan bagi wilayah lain di Jawa Tengah (Jateng).

Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sesudah meninjau pembangunan rumah renteng yang dipelopori Pemkot Solo itu, Rabu (29/10/2014). Menurut dia, rumah renteng merupakan solusi apik dalam menata warga bantaran.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Menurut dia, ada paradigma berpikir baru dalam penataan warga bantaran tersebut yakni menganggap sungai sebagai halaman depan. Oleh karena itu, lanjut Ganjar, paradigma tersebut akan membuat masyarakat sadar akan kebersihan.

“Dengan menganggap sungai tidak lagi menjadi halaman belakang maka masyarakat tidak akan menganggap sungai sebagai tempat pembuangan sampah, paradigma dan perilaku tersebut yang patut diterapkan,” ujar dia.

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, yang mendampingi Gubernur menuturkan peninjauan tersebut sebagai pengenalan kepada Gubernur bahwa Solo memilik proyek rumah renteng.

Rudy menuturkan rumah renteng tidak hanya memberikan papan melainkan juga memberikan tempat usaha. Rudy mengatakan lantai bawah rumah renteng akan digunakan tempat berjualan sementara lantai atas akan digunakan sebagai permukiman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya