SOLOPOS.COM - Para peserta, guru, dan narasumber berfoto bersama setelah mengikuti Pelatihan Jurnalistik dan Broadcasting di Aula SMKN 1 Jatiroto, Wonogiri, Rabu (22/11/2023). (Dok. SMKN 1 Jatiroto).

Solopos.com, WONOGIRI–Sebanyak 38 siswa SMKN 1 Jatiroto, Kabupaten Wonogiri mengikuti Pelatihan Jurnalistik dan Broadcasting di aula sekolah mereka, Rabu (22/11/2023) pukul 08.00 WIB-12.00 WIB.

Kegiatan ini untuk memberi pemahaman kepada para peserta tentang dasar-dasar jurnalistik sebagai upaya penguatan literasi sekolah. Kegiatan berjalan lancar dan siswa antusias saat diskusi serta praktik membuat berita.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sekolah menghadirkan dua narasumber dari Solopos Media Grup (SMG) yang berprofesi sebagai jurnalis yakni Rudi Hartono dan M. Khodiq Duhri.

Rudi memberi materi tentang jenis, nilai, unsur-unsur, dan struktur berita yang kemudian menerangkan ihwal berita langsung atau straight news.

Sedangkan, Duhri menyampaikan perihal teknik liputan dan penulisan berita, termasuk tentang berita feature.

Dalam paparannya, Rudi menyampaikan straight news adalah jenis berita paling umum yang pada pokoknya menempatkan intisari informasi di awal berita. Sehingga, struktur atau polanya seperti piramida terbalik.

“Jadi pola straight news itu seperti piramida terbalik. Bagian paling atas adalah informasi paling penting, semakin ke bawah berisi informasi yang kurang penting,” kata Rudi.

Sementara, Duhri menyinggung seputar teknik liputan hingga berita feature yang disampaikan dengan jelas.

Seluruh peserta mendengarkan dengan seksama apa yang disampaikan oleh kedua narasumber.

Pelatihan yang dilakukan ini tidak hanya mendengarkan pemaparan materi, melainkan terdapat sesi diskusi peserta dan narasumber. Selain itu ada sesi praktik menulis berita.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Jatiroto Suhari berharap dari sekian banyak peserta pelatihan jurnalistik ini ke depan ada yang menjadi jurnalis sekolah.

Tugasnya, mencari dan menulis berita tentang berbagai hal terkait SMKN 1 Jatiroto kemudian memublikasikannya melalui website sekolah yang sudah dimiliki.

“Tim jurnalis SMKN 1 Jatiroto ke depan harus berperan aktif dengan membuat berita tentang berbagai kegiatan sekolah. Banyak sekali kegiatan yang dilaksanakan di sekolah kita ini, saya harap tim jurnalis nantinya bisa memublikasikan di website sekolah,” ucap Suhari.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya