SOLOPOS.COM - Peserta seleksi pengisian perangkat desa di wilayah Kecamatan Ceper menunggu giliran saat mengikuti tes asessment sosial kultural di SMPN 2 Ceper, Selasa (23/8/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Jumlah pendaftar pengisian perangkat desa di Kurung, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, membeludak. Dari dua lowongan yang dibuka, terdapat 41 pendaftar di Desa Kurung.

Sekretaris TP3D Kurung, Mahfoel Oemar, mengatakan ada dua lowongan perangkat desa di Kurung, yakni posisi Kaur Umum dan Perencanaan serta Kasi Pemerintahan. Jumlah total pelamar ada 41 orang. Namun, ada satu peserta yang mengundurkan diri karena sakit.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Mahfoel mengatakan sempat ada kebingungan soal kelanjutan pengisian perangkat desa setelah Kades Kurung meninggal dunia.

“Akhirnya mendapatkan jawaban proses seleksi tetap bisa dilanjutkan,” kata Mahfoel.

Salah satu peserta seleksi perangkat Desa Kurung, Joko, 39, mengatakan awalnya sempat waswas proses seleksi bakal ditunda setelah Kades aktif meninggal dunia. Namun, Joko dan peserta seleksi lainnya lega setelah mendapatkan kepastian jika tahapan seleksi perangkat desa di Kurung berlanjut.

Baca Juga: Pendaftar Membeludak! Segini Penghasilan Perangkat Desa di Klaten

Camat Ceper, Seniwati, menjelaskan masing-masing TP3D bekerja sama dengan Unwidha Klaten guna menggelar tes pengisian perangkat desa. Seniwati menjelaskan ada peserta yang mengundurkan diri atau tak mengikuti seleksi perangkat desa.

“Hari ini ada dua orang yang mengundurkan diri, salah satunya dari Desa Mlese. Alasannya, sudah mendapatkan pekerjaan. Sampai sejauh ini tidak ada kendala. Semoga selama tes berlangsung semuanya berjalan lancar,” kata dia.

Terkait seleksi pengisian perangkat desa di Desa Kurung, Seniwati menjelaskan tetap berjalan.

Di waktu sebelumnya, kelanjutan pengisian perangkat desa di Kurung sempat menjadi pembahasan Pemkab Klaten setelah kepala desa (Kades) aktif, Mujiyoto, meninggal dunia. Pemkab lantas memutuskan proses pengisian perangkat desa di Kurung tetap berjalan.

Baca Juga: H-1 Seleksi, Calon Perdes di Klaten Ini Malah Sibuk Cari Bocoran Soal

“Untuk Desa Kurung tidak ada permasalahan. Sudah ada Pj. Kades per 19 Agustus kemarin dan hari ini, Pj. Kades Kurung ikut dalam tes asessment sosial kultural bersama dosen perguruan tinggi. Pj. Kades diisi oleh Kasi Trantib Kecamatan Ceper,” kata Seniwati.

Sebelumnya, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Klaten, Jaka Purwanto, mengatakan pertimbangan Pemkab melanjutkan tahapan pengisian perangkat desa di Kurung lantaran posisi kades kosong di tengah tahapan penjaringan perangkat desa berlangsung.

“Sudah kami analisis dari sisi hukum, tetap lanjut. Pertimbangannya karena ini sudah on proses,” kata Jaka saat ditemui di Desa Gaden, Kecamatan Trucuk, Kamis (11/8/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya