SOLOPOS.COM - Badan Otorita Borobudur (BOB) melihat koleksi batik di Rumah Batik Giriarum, Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar pada Jumat (18/11/2022). (Solopos.com/ Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR —  Karanganyar merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki banyak potensi di bidang seni dan kerajinan. Batik, wayang, dan kerajinan kriya dengan berbahan dasar kayu menjadi bagian dari hal menarik yang dapat ditengok lebih dalam oleh para wisatawan di Kabupaten Karanganyar.

Mengutip karanganyarkab.go.id, pada Kamis (3/8/2023), berikut adalah beberapa kerajinan khas Kabupaten Karanganyar yang dapat Anda nikmati:

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Batik Giri Wastra Pura

kerajinan karanganyar
Berbagai kain batik tulis yang di produksi di Batik Giri Watra Pura. (pesonakaranganyar.karanganyarkab.go.id)

Batik Giri Wastra Pura adalah salah satu produsen batik yang tergabung dalam Batik Tulis Girilayu yang berdiri pada tahun 2019. Batik yang dibuat di griya ini menggunakan metode batik tulis menggunakan canting. Setiap orang yang ada dalam tim mempunyai peranan sendiri dibidang ahli yakni bagian membuat pola, nyanting, pewarnaan sampai nglorot.

Batik giri wastra pura itu sendiri pewarnaannya menggunakan soga alam, seperti kayu teger, kayu tingi, dan juga kayu jambal. Produk utama yang di hasilkan adalah kain batik, selain itu Griya ini juga memproduksi baju, syal, hingga blangkon dengan rentang harga Rp500.000-Rp3 juta/potong.

Tempat produksi batik ini berlokasi di Wetankali RT 06/RW 02 Girilayu, Matesih, Kabupaten Karanganyar. Anda bisa mengunjunginya pada hari Senin-Jumat mulai pukul 08.00-18.00 WIB dan hari Sabtu-Minggu 08.00-12.00 WIB.

Slumpring Tawangmangu

kerajinan karanganyar
Seni kerajinan wayang dilukis diatas slumpring. (pesonakaranganyar.karanganyarkab.go.id)

Slumpring Tawangmangu merupakan karya seni lukis dengan menggunakan media limbah pohon bambu (slumpring) sebagai kanvas atau medianya. Teknik melukis menggunakan metode lukis bakar dengan alat adaptor kecil yang dihubungkan ke sebuah alat pen menyerupai solder listrik.

Slumpring ini menjadi inovasi khas Tawangmangu karena umumnya yang di gunakan pada pohon bambu adalah batang dan akarnya sebagai bahan dasar kerajinan tangan. Namun Slumpring Tawangmangu memanfaatkan limbah sehingga memiliki nilai jual ketika disulap menjadi barang seni.

Tempat produsen ini menjual berbagai produk mulai dari lukisan wajah sesuai dengan permintaan pembeli dengan ukuran 12R dihargai senilai Rp500.000, hingga lukisan wayang dihargai kisaran Rp600.000-Rp700.000.

Perajin Slumpring Tawangmangu berlokasi di Ngledok Sari RT 03/RW 12 Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Tempat produksi ini buka setiap hari mulai dari pukul 07.00-21.00 WIB.

Kincir Angin dan Mainan Kayu

kerajinan karanganyar
Mainan burung dari kayu cinderamata dari Tawangmangu. (pesonakaranganyar.karanganyarkab.go.id)

Kincir angin dan mainan kayu merupakan salah satu kerajinan yang paling populer di Kabupaten Karanganyar. Mainan ini dapat dijumpai di tempat wisata di Tawangmangu dan Ngargoyoso. Biasanya ada banyak dijual di pinggir jalan dengan display kerajinan burung kayunya yang menarik perhatian.

Salah satu tempat produksi kerajinan ini ada di Dusun Bloro, Desa Karangpandan, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar. Griya ini buka setiap hari mulai dari pukul 07.00-21.00 WIB.

Kincir angin merupakan sebuah mainan dengan baling-baling yang berputar oleh hembusan angin. Yang unik disini, mainan ini terbuat dari kayu mahoni dan senggon sebagai bahannya kemudian dicat menggunakan cat kayu.

Produk kreatif kerajinan tangan ini memiliki berbagai macam bentuk yang unik dan bewarna-warni, seperti hewan atau manusia sebagai penyangga baling-baling.

Kerajinan-kerajinan di Kabupaten Karanganyar ini merupakan hasil karya tangan yang indah dan bernilai tinggi. Selain itu, kerajinan-kerajinan ini juga merupakan bagian dari budaya dan tradisi yang telah diwariskan oleh masyarakat Kabupaten Karanganyar dari generasi ke generasi.

Jika Anda berkunjung ke Kabupaten Karanganyar, jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat produksi kerajinan ini dan membeli beberapa buah oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya