SOLOPOS.COM - Petugas Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten masuk ke saluran drainase di bawah trotoar wilayah Kecamatan Klaten Tengah untuk menyelamatkan HP milik warga Gayamprit, Selasa (15/8/2023). (Istimewa/Satpol PP dan Damkar Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Petugas Pemadam Kebakaran atau Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten mengevakuasi telepon seluler atau ponsel yang tercebur ke gorong-gorong saluran drainase yang sempit di bawah trotoar, Selasa (15/8/2023) sore.

Petugas harus berjalan jongkok belasan meter di dalam gorong-gorong demi mengambil HP atau ponsel milik warga Kelurahan Gayamprit, Kecamatan Klaten Selatan, itu.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Ponsel itu sebenarnya sudah tercebur ke gorong-gorong di bawah trotoar di wilayah Pondok, Kelurahan Klaten, Kecamatan Klaten Tengah, tersebut sejak Jumat (11/8/2023) malam.

Saat itu, pemilik HP yang jatuh ke gorong-gorong di Klaten itu baru saja selesai makan di salah satu warung. Saat ponsel hendak dimasukkan ke tas dan akan ditutup.

Tiba-tiba ponsel masuk ke lubang gorong-gorong. Sementara posisi gorong-gorong berada di bawah trotoar jalan. Pemilik ponsel baru meminta bantuan ke Damkar Klaten pada Selasa.

Anggota Grup 3 Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, Nur Rochim, mengatakan proses evakuasi ponsel itu dilakukan dengan terlebih dahulu membuka tutup bak kontrol gorong-gorong.

“Kemudian tim evakuasi kami masuk berjalan di lorong sekitar 15 meter,” kata Nur Rochim, Selasa. Kondisi gorong-gorong yang sempit membuat tim evakuasi harus berjalan jongkok.

Apalagi, petugas membawa tabung alat bantu pernapasan sebagai antisipasi jika di dalam gorong-gorong yang gelap dan tertutup tersebut ada gas beracun. “Proses evakuasi sekitar 15 menit dan berlangsung lancar,” kata Nur Rochim.

Petugas segera menyerahkan ke pemilik ponsel setelah ditemukan. Ponsel tersebut berada di dalam air berkedalaman sekitar 60 sentimeter sehingga saat ditemukan dalam kondisi mati.

“Sebenarnya pemiliknya yang penting ingin menyelamatkan SIM card dan data di ponsel,” urai dia.

Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, Sumino, mengatakan penanganan ponsel yang terjatuh di saluran drainase tersebut dilakukan Selasa sekitar pukul 15.00 WIB. Dia menjelaskan tidak ada kendala selama proses evakuasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya