SOLOPOS.COM - Petugas melakukan sosialisasi waspada copet pada Solo Car Free Day di Jl Slamet Riyadi, Minggu (16/10/2022). (Istimewa/Ari Wibowo)

Solopos.com, SOLO–Petugas gabungan melakukan sosialisasi untuk waspada copet pada Solo Car Free Day (CFD) di Jl Slamet Riyadi, Minggu (16/10/2022). Hal itu sebagai tindak lanjut adanya laporan kehilangan empat Hp dan satu dompet Minggu lalu.

Pantauan Solopos.com, petugas yang tergabung adalah petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Satpol PP Kota Solo, Dinas Perdagangan Kota Solo, paguyuban pedagang kaki lima (PKL), dan Polisi.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Para petugas melakukan sosialisasi dengan pengeras suara serta membawa atribut yang menyampaikan pesan waspada copet. Anggota polisi mengikuti dengan membawa senjata.

Mereka berkumpul di pos istirahat copet, tepatnya pertigaan simpang Pengadilan Negeri Solo, lalu berjalan sampai ujung jalur CFD di barat. Kemudian kembali sampai simpang Ngapeman.

Baca Juga: Ada Copet di Area CFD, Dishub Solo Dirikan di Tenda Istirahat Copet

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, mengatakan tidak ada laporan kehilangan selama dua pekan pertama pemasangan pos istirahat copet di Jl Slamet Riyadi. Namun ada lima laporan kehilangan pada pekan berikutnya.

“Ada empat HP dan satu dompet. Kami menyarankan untuk membuat aduan ke polsek/Polresta Solo,” kata dia. Ari menjelaskan dari kelima orang itu ada yang mengalami kerusakan pada tas yang disobek.

Dia mengatakan Kepala Dishub Solo meminta dilakukan sosialisasi melibatkan petugas gabungan untuk mengantisipasi copet pada jalur CFD. Petugas gabungan melibatkan PKL karena area PKL menjadi tempat paling rawan.

“Terjadi desak-desakan pada tempat-tempat PKL. Mayoritas kejadian ada di sana,” jelasnya. Dia mengimbau warga yang beraktivitas pada CFD untuk menaruh HP atau dompet pada kantong depan. Bagi warga yang membawa tas untuk ditaruh di depan.

Baca Juga: Pelaku UMKM Manfaatkan Layanan Pembuatan NIB di CFD Colomadu

Sebelumnya, Dishub Kota Solo memasang tenda khusus tempat istirahat copet untuk sanksi sosial bagi pelaku pada Solo CFD di Jl. Slamet Riyadi, Solo, tepatnya di simpang Pengadilan Negeri Surakarta, Minggu (25/9/2022).

Selain untuk sanksi sosial, tenda khusus itu supaya membuat para pelaku copet berpikir ulang untuk melakukan aksinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya