SOLOPOS.COM - Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo, Gembong Hadi Wibowo dan Ketua Asosiasi Agen Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Solo, Mirza Ananda, pada jumpa pers di Media Center Piala Dunia U-17, Jumat (24/11/2023). (Istimewa/Media Center Piala Dunia U-17)

Solopos.com, SOLO–Event Piala Dunia U-17 menjadi momentum Soloraya mempromosikan wisata dan diharapkan membantu meningkatkan jumlah wisatawan domestik maupun mancanegara. Promosi gencar dilakukan selama penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023.

Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Gembong Hadi Wibowo, menjelaskan jumlah wisatawan yang berkunjung hingga November 2023 sudah melampaui target.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sudah ada 4,5 juta wisatawan yang mengunjungi Solo selama November 2023. Ada 18.000 wisatawan mancanegara dari total wisatawan tersebut. Namun, Gembong memastikan pihaknya akan terus menggenjot guna meningkatkan angka kunjungan terutama di tengah penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023.

Beberapa paket wisata siap ditawarkan bagi pengunjung Kota Solo maupun penonton Piala Dunia U-17.

“Pada Piala Dunia U-17 2023, kami menyelenggarakan tour. Penyelenggaraannya memang masih terbatas pada panitia atau Organizing Committee (OC). Beberapa waktu lalu kami sempat membawa mereka mengunjungi beberapa lokasi destinasi di Kota Solo,” kata Gembong di Pusat Informasi Piala Dunia U-17 2023 di Hotel Solia Zigna Kampung Batik, Jumat (23/11/2023).

Gembong menjelaskan Disbudpar dan Asita Solo bekerja sama membuat paket wisata menarik di Solo. Paket tersebut kemudian ditawarkan kepada panitia, peserta, hingga penonton Piala Dunia U-17 dari dalam maupun luar negeri.

Menurut Gembong, paket-paket wisata yang telah disiapkan untuk para pengunjung Piala Dunia U-17 2023 ini tak hanya menyasar destinasi-destinasi di Kota Solo, tetapi juga wilayah lainnya di area Soloraya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Agen Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Solo, Mirza Ananda, menjelaskan empat paket wisata khusus bagi warga negara Asing (WNA) untuk menyambut selama Piala Dunia U-17 2023.

“Kami menyajikan beberapa wisata alam di kawasan Soloraya. Yang pertama ialah paket wisata ‘View From The Top’. Kami membawa pengunjung ke Boyolali, tepatnya di sekitar Gunung Merapi dan Merbabu.

Kemudian ada ‘The Magnificent Solo City Heritage Tour’ yang akan lebih banyak berkunjung di destinasi-destinasi wisata sejarah di Solo,” kata Mirza.”

Juga masih ada ‘Exciting Tawangmangu with Jeep Tour’ berupa paket wisata berkonsep menikmati lansekap Tawangmangu menggunakan jeep. Sedangkan yang terakhir ialah ‘Heal for The Soul’ yang memadukan tur di Solo dan Tawangmangu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya