SOLOPOS.COM - Kepala Bidang Seni dan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo Tuti Orbawati. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Ajang Piala Dunia U-17 2023 diharapkan menambah jumlah kunjungan wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara ke Kota Solo. Sejumlah atraksi seni pertunjukan dikondisikan lebih menarik.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Seni dan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo Tuti Orbawati ditemui Solopos.com di Balai Kota Solo, Senin (2/10/2023). Sejumlah upaya dilakukan untuk mengelola seni pertunjukan semakin menarik.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Pentas Wayang Orang Sriwedari kami kondisikan lebih menarik dengan mempersingkat durasi, membuat cerita menarik, detail-detail ditonjolkan. Misalkan para penari punya sesuatu nilai yang bisa ditampilkan,” kata dia.

Menurut dia, Wayang Orang Sriwedari tampil setiap hari kecuali Minggu. Gedung Wayang Orang Sriwedari memiliki kapasitas 600 penonton.

Selain itu, lanjut dia, Pemkot Solo mempersiapkan peringatan Hari Wayang Dunia di Lokananta 7 November 2023. Atraksi wayang malam hari bakal menjadikan Lokananta menarik turis.

Orba, sapaan akrabnya, Pemkot Solo juga memiliki atraksi seni lainnya, yakni atraksi pembuatan keris dengan hidangan makan malam di Museum Keris Nusantara.

Orba mengatakan daya tarik lainnya berupa Solo di Waktu Malam di Koridor Gatot Subroto setiap akhir pekan, event itu terdapat street art market, vintage market, art performing, dan street food.

Wungon Ing Segaran di kawasan Sriwedari, Solo setiap malam hari juga menjadi pilihan, antara lain pentas musik keroncong dan akustik. “Semoga event ini mendukung Piala Dunia,” jelasnya.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan target kunjungan wisatawan sesuai dengan kapasitas Stadion Manahan, Solo. Stadion Manahan digunakan untuk sejumlah pertandingan, antara lain babak grup, semifinal, dan final.

Kepala Bidang (Kabid) Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo, Gembong Hadiwibowo, menjelaskan target wisatawan nusantara 1.427.477 orang dan wisatawan mancanegara 4.945 orang selama 2023.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya