SOLOPOS.COM - Pedagang membersihkan lapak di kawasan Selter Manahan, Solo, Senin (2/10/2023). Selter Manahan menjadi lokasi terdekat kuliner sekitar Stadion Manahan Solo. (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO– Pedagang kaki lima (PKL) yang menempati Selter Manahan, Solo, akan kembali berjualan mulai Rabu (6/12/2023) pagi.

Hal itu disampaikan Ketua Paguyuban PKL Selter Manahan Gotong Royong, Koko Kuncoro, dihubungi Solopos.com, Senin (4/12/2023).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Mulai jualannya Rabu pagi. Besok [Selasa] kerja bakti di Selter,” kata dia.

Koko menjelaskan Dinas Perdagangan dan PKL akan melakukan kerja bakti membersihkan Selter Manahan yang tidak digunakan untuk berjualan selama berlangsung Piala Dunia U-17 2023.

Dia mengatakan sejumlah tulisan pada kios-kios pedagang yang dilepas bakal dikembalikan seperti semula.

Menurut dia, para pedagang libur berjualan selama berlangsungnya Piala Dunia U-17 2023. Jumlah PKL ada sebanyal 120 pedagang. Mayoritas mulai jualan pagi.

“Biasanya saat libur Natal dan Tahun Baru ada peningkatan omzetnya. Banyak wisatawan luar kota yang liburan ke Solo,” papar dia.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan Heru Sunardi membenarkan Selter Manahan segera buka kembali.

Selain Selter Manahan, kata dia, ada pedagang Selter Kota Barat akan buka kembali. Tenda-tenda akan mulai dipasang satu hari sebelum Selter Kotta Barat dibuka.

Dia menjelaskan pedagang kembali berjualan seperti semula. Tidak ada tambahan pedagang yang menempati selter.

Sebelumnya, PKL yang diminta tutup sementara selama penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 mendapatkan kompensasi dari Pemkot Solo senilai Rp1 juta per pedagang.

Heru Sunardi menjelaskan komunitas PKL yang mendapatkan kompensasi itu, adalah PKL Selter Manahan 143 orang, PKL Selter Kota Barat 38 orang, dan PKL di sekitar Lapangan Banyuanyar 3 orang.

“Pedagang yang sudah terdata di Selter Manahan dan Kota Barat baik yang buka siang maupun malam mendapatkan Rp1 juta lewat rekening Bank Jateng,” jelas Heru, Kamis (2/11/2023).

Menurut Heru, sumber dana untuk kompensasi adalah tanggung jawab sosial perusahaan/CSR Bank Jateng. Pencairan dilakukan Selasa atau Rabu pekan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya