SOLOPOS.COM - Surat suara pilgub jateng tiba di kantor KPU Boyolali, Sabtu (4/5/2013). KPU selanjutnya akan melakukan sortir surat suara tersebut. (JIBI/SOLOPOS/Septhia Ryanthie)

Surat suara pilgub jateng tiba di kantor KPU Boyolali, Sabtu (4/5/2013). KPU selanjutnya akan melakukan sortir surat suara tersebut. (JIBI/SOLOPOS/Septhia Ryanthie)

SOLO — Logistik Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013 mulai tiba secara bertahap di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boyolali, sejak awal pekan. Hingga Sabtu (4/5/2013), jenis logistik yang sudah diterima dari KPU Provinsi Jateng antara lain berupa tinta, poster visi, poster denah, poster pasangan calon, C6 atau surat undangan dan surat suara.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ketua KPU Kabupaten Boyolali, Ahmad Charir mengemukakan logistik Pilgub Jateng 2013 tersebut mulai diterima KPU setempat sejak awal pekan.

“Logistik mulai kami terima kalau tidak salah mulai Senin (29/4/2013) atau Selasa (30/4/2013) kemarin. Yang jelas awal pekan. Yang baru saja datang Jumat (3/5) malam kemarin, berupa surat suara sejumlah DPT [daftar pemilih tetap] yang ada, plus 2,5 persennya,” terang Charir ketika ditemui Solopos.com di Kantor KPU Boyolali, Sabtu.

Sebagai informasi, jumlah DPT Kabupaten Boyolali sebanyak 810.118 orang yang terdiri atas pemilih laki-laki 401.264 orang dan pemilih perempuan 408.854 orang. Sedangkan jumlah tempat pemungutan suara di wilayah itu sebanyak 1.913 TPS. Surat suara yang diterima KPU Boyolali dikemas dalam ratusan dus yang berisi 2.000 lembar surat suara per dusnya. Ribuan surat suara tersebut kini memenuhi kantor KPU setempat.

“Untuk C6 atau surat undangan jumlahnya sesuai jumlah DPT, yaitu 810.118 lembar,” terang Charir.

Menyusul datangnya logistik tersebut, Charir mengatakan Sabtu tersebut pihaknya mengadakan rapat kerja membahas persiapan logistik, pemungutan dan penghitungan suara Pilgub Jateng 2013.

“Kami agendakan kegiatan kegiatan penyortiran, lipat dan packing hingga kemudian pendistribusian logistik ke PPK [panitia pemilihan kecamatan]. Setelah itu PPK akan mengecek seluruh logistik, untuk selanjutnya didistribusikan ke PPS [panitia pemungutan suara],” tandasnya.

Di sisi lain, Charir mengatakan selain logistik Pilgub Jateng 2013 tersebut, pihaknya juga telah menerima logistik untuk pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014, yaitu berupa surat bukti pemutakhiran data pemilih. Logistik tersebut untuk keperluan tahapan pemutakhiran data pemilih yang dijadwalkan pelaksanaannya awal Mei ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya