SOLOPOS.COM - Logo pilgub Jateng (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Logo pilgub Jateng (Dok/JIBI/SOLOPOS)

SUKOHARJO—Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sukoharjo menemukan ribuan surat suara pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Tengah rusak, Kamis (9/5/2013). Kartu suara rusak tersebut selanjutnya akan dikembalikan ke provinsi.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ketua KPUD Sukoharjo, Kuswanto, mengatakan pihaknya mulai melakukan pengecekan logistik Pilgub Jateng 2013 seperti bilik suara, kotak suara, surat suara dan tinta pada Kamis pagi.

Dari sejumlah logistik tersebut, ternyata ditemukan beberapa surat suara yang rusak. Pada hari pertama sortir surat suara dimulai, ditemukan sekitar 1.000 surat suara rusak.

Total surat suara yang dikirim ke Kota Makmur itu sejumlah 702.600 lembar.

“Sortir suara masih akan dilakukan pada dua tiga hari ke depan. Kami akan segera mengembalikan kartu suara yang rusak ini agar diganti dari pihak provinsi,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Kamis (9/5/2013).

Kerusakan surat suara, lanjutnya, seperti gambar calon gubernur (cagub) yang kabur sehingga ditakutkan memengaruhi proses pemungutan suara.

Selain itu juga ditemukan noda oleh bercak tinta di gambar cagub. Beberapa surat suara juga ditemukan dengan cetakan tinta yang tidak rapi atau blobor.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa pemotongan surat suara mengenai salah satu pasangan calon. Beberapa surat suara juga ditemukan dengan gradasi yang kurang sempurna.

“Surat suara ini akan dikembalikan secepatnya karena pada tanggal 14-23 nanti kami akan melakukan pengepakan dan segera didistribusikan ke tempat pemungatan suara (TPS),” jelasnya.

Sementara itu, saat disinggung mengenai kelengkapan jumlah logistik, ia mengatakan jumlahnya sudah mencukupi. Baik tinta pemilu, poster dan formulir sudah datang di KPUD Sukoharjo sejak pekan ini.

Selain itu, kotak suara maupun bilik suara juga dalam keadaan yang cukup baik. Ia mengatakan bahwa kesiapan dalam Pilgub Jateng 2013 saat ini sudah mencapai 85%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya