SOLOPOS.COM - Taman Kuliner sebelah Mal Pelayanan Publik (MPP) Klaten, Jl Mayor Kusmanto, Kecamatan Klaten Tengah, Klaten, Rabu (15/2/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Berlokasi di antara Jogja dan Solo, Klaten dilintasi banyak pelaku perjalanan yang terkadang butuh berhenti untuk menikmati sajian kuliner hingga malam hari.

Warung makan dan sejumlah pusat kuliner yang buka hingga malam hari pun banyak tersedia di wilayah Kabupaten Bersinar. Tak hanya di kawasan kota atau yang dilintasi pelaku perjalanan tapi juga di sejumlah tempat wisata.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Laman klatenkab.go.id/wisata-kuliner-klaten merekomendasikan beberapa warung atau tempat kuliner yang layak dikunjungi karena menyajikan sajian kuliner nikmat dan khas.

Beberapa warung kuliner di Klaten itu buka hingga malam hari. Berikut daftarnya:

1. Warung Makan Bu Mayar Cawas

Rumah makan ini terletak di Jalan Solo-Jogja Ring Road Selatan sebelah timur Rumah Sakit Islam (RSI) Klaten, kira-kira 4 km dari kota Klaten ke arah Solo. Menu spesial warung ini adalah ayam goreng.

Namun yang membedakan dengan rumah makan sejenis adalah menu pelengkap berupa trancam dan oseng daun papaya yang disajikan bersama ayam goreng kampung/Jawa yang gurih dan lezat.

Selain itu tersedia juga menu nasi ayam bakar, pecel lele, nasi remes/gudeg dan aneka oseng – oseng, seperti sayur kerecek, kering kentang, oseng ati, oseng pepaya dan jamur.

Warung kuliner di Klaten ini buka mulai pagi pukul 07.00 WIB hingga malam hari pukul 21.00 WIB. Fasilitasnya lengkap. Pengunjung bisa makan di meja-kursi atau lesehan dan tersedia juga gazebo. Toilet juga ada dan lokasi parkir cukup luas.

2. Sop Ayam Pak Min Klaten

Siapa yang tidak tahu Sop Ayam Pak Min Klaten yang sudah terkenal seantero negeri. Di Klaten, Sop Ayam Pak Min salah satunya ada di Jl Mayor Kusmanto No 23, Klaten. Ada berbagai macam jenis sup ayam yang ditawarkan seperti sup ayam campur dan pisah mulai bagian kulit, daging, hingga kepala ayam.

sop ayam pak min luar negeri kuliner malam hari di klaten
Karyawan Sop Ayam Pak Min Klaten di tepi Jalan Mayor Kusmanto, Desa Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah menyiapkan daging ayam, Rabu (23/2/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Berbeda dengan sup ayam pecok yang lainya, sup ayam Pak Min Klaten tidak menggunakan bumbu jahe dan santan. Sup ayam pecok asli Klaten menggunakan ayam kampung sebagai kaldunya, dengan kuahnya yang bening.

Sup ayam di Warung Pak Min bisa dinikmati dengan harga mulai Rp5.000 untuk soto campur hingga yang paling mahal sop ayam dada pehok seharga Rp17.000 per porsi. Semua bagian ayam bisa dipesan sesuai selera.

Tempat kuliner andalan di Klaten ini bukan dari siang pukul 14.00 WIB hingga malam hari pukul 21.00 WIB.

3. New Merapi Resto

Terletak di Jl Merapi, Gayamprit, Klaten, New Merapi Resto memadukan gaya bangunan yang nyaman dengan penataan alam yang masih segar dan asri.

Menu yang ditawarkan juga beragam mulai dari tradisional, nusantara, Chinese, hingga Western. Restoran ini buka mulai pukul 10.00 WIB sampai 21.00 WIB.

4. Warung Apung Rawa Jombor

Ada beberapa warung makan di Rawa Jombor yang berlokasi di Desa Krakitan, Bayat Klaten. Di antaranya Warung Apung Pondok Roso 17, Nila Sari, Ilham, Galatama, Kembar, Barokah, Warung Ijo, dan lain-lain.

rawa jombor klaten prakiraan cuaca kuliner malam hari
Suasana senja dengan langit berwarna oranye di Rawa Jombor, Krakitan, Bayat, Klaten yang telah bersih dari warung apung, Selasa (14/12/2021). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Menu yang ditawarkan meliputi berbagai menu ikan air tawar, seafood, dengan aneka sambal dan lalapan. Ada ikan nila, lele, bawal, gurami, patin. Sedangkan menu seafood ada kepiting, cumi-cumi, udang, ikan tongkol. Selain itu ada juga menu daging sapi, daging ayam, aneka mi, nasi goreng, dan lain-lain.

Harga makanan yang bisa disantap sembari menikmati pemandangan di warung apung Rawa Jombor tidak terlalu mahal, yakni mulai dari Rp22.000/porsi. Tempat kuliner di Rawa Jombor Klaten ini buka mulai pukul 10.00 WIB hingga malam hari pukul 22.00 WIB.

5. Banyoe Oerip Klaten

Restoran Banyoe Oerip yang kental dengan nuansa pedesaan di kawasan kota tepatnya Jl Mayor Kusmanto, Tegaltalang, Semangkak, Klaten Tengah menyajikan menu beragam mulai dari sea food, kerapu tim ala Hongkong, ikan ekor kuning goreng.

Kemudian cumi lapis, kakap goreng mentega, kepiting saos Padang, gurame asam manis, ayam goreng buang tulang, sapi lada hitam, wader goreng dan lainnya. Ada juga steak, pizza, Japanese food, pasta, burger. Minumannya tidak kalah variatif, mulai wedang, teh poci, es putri salju, es dawet ayu, sampai es krim goreng.

Restoran yang buka hingga pukul 08.00 WIB-21.00 WIB ini menawarkan pemandangan indah dengan desain ruang pertemuan dan saung-saung mengelilingi kolam dan taman dengan hamparan rumput indah di tengah area persawahan.

6. Angkringan Widoro

Terletak di Desa Ketandan, Kecamatan Klaten Utara, Angkringan Widoro menjadi alternatif wisata kuliner malam hari di batas kota sisi timur Klaten. Dengan mayoritas venue berupa outdoor, Angkringan Widoro menghadirkan sensasi piknik di kebun belakang rumah.

Layaknya pekarangan rumah di perdesaan, terdapat vanue yang cukup lapang selain bangunan joglo terbuka. Rindangnya pepohonan menambah suasana teduh saat duduk-duduk di tempat kuliner tepat di belakang Pabrik Panili ini.

7. Bukit Sidoguro

bukit sidoguro klaten kuliner malam hari
Pengunjung menikmati makan malam di kafe kawasan Bukit Sidoguro, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, Kamis (8/6/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Bukit Sidoguro yang berada dekat Rawa Jombor di Krakitan, Bayat, Klaten, mulai ramai sebagai tempat wisata kuliner malam pada Ramadan 2023 lalu. Di puncak bukit yang kondang sebagai spot wisata setelah dibangun dan dikelola Pemkab Klaten itu pengunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan Rawa Jombor dan deretan Bukit Seribu di kejauhan tapi juga menikmati sajian kuliner.

Ada Do Gurau Cafe dan Kopi Kiri Klaten yang bisa jadi jujugan untuk wisata kuliner malam di Bukit Sidoguro. Do Gurau Cafe menawarkan menu ikan bakar dan goreng, ayam bakar dan goreng, kentang goreng, aneka sambal, aneka minuman dan masih banyak lagi. Harganya bervariasi mulai Rp5.000 hingga Rp65.000.



8. Taman Kuliner MPP Klaten

Taman Kuliner MPP (Mal Pelayanan Publik) Klaten diresmikan 25 Februari 2023. Lokasinya di sebelah Mal Pelayanan Publik (MPP) Klaten, Jl Mayor Kusmanto, Desa Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah.

Para pedagang di taman kuliner yang buka sampai malam hari itu merupakan pedagang pindahan dari depan Masjid Raya Klaten sebanyak 21 orang. Selain sajian aneka makanan, di Taman Kuliner ini pengunjung menongkrong sembari menikmati pemandangan taman.

Selain tempat-tempat tersebut, ada beberapa lokasi lain sebagai jujugan kuliner malam hari di Klaten. Di antaranya kawasan Jl Bhali, Jl Rajawali, Jl Veteran hingga Jl Pemuda, dan sepanjang Jl Kopral Sayom. Semuanya di kawasan kota Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya