SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkada langsung (JIBI/Dok)

Pilkada Klaten 2015 KPU mensyaratkan pasangan Faham minimal serahkan 40.434 dukungan.

Solopos.com, KLATEN – Pasangan calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan, Mustafid Fauzan-Sri Harmanto (Faham), minimal menyerahkan syarat dukungan sebanyak 40.000an berkas. Jika syarat guna melengkapi kekurangan dukungan pada hasil verifikasi sebelumnya itu tak terpenuhi, secara otomatis pasangan itu tak lolos pada tahap pendaftaran.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ketua KPU Klaten, Siti Farida, mengatakan sudah mengkoordinasikan hal itu terhadap tim Faham. “Kemarin diminta untuk melengkapi syarat dukungan dengan jumlah dua kali lipat dari kekurangan. Ini sudah kami koordinasikan. Jadi, pada pendaftaran ini sekurang-kurangnya harus menyerahkan dukungan sejumlah 40.434,” katanya saat ditemui Minggu (26/7/2015).

Jadwal pengumpulan kekurangan dukungan itu dilakukan pada 4-7 Agustus mendatang. Setelah itu, KPU kembali melakukan verifikasi faktual terhadap kelengkapan berkas dukungan. “Akan kami verifikasi lagi sama seperti dulu oleh PPS, PPK, dan KPU. Kalau tidak terpenuhi, ya tidak memenuhi syarat,” jelasnya.

Terkait pasangan One Krisnata-Sunarto (Oke-To) yang diusung oleh sejumlah parpol, Farida mengatakan yang penting kedua pasangan itu memenuhi syarat jumlah kursi di DPRD dari masing-masing parpol pengusung. Sesuai aturan, pasangan cabup-cawabup yang maju melalui gabungan parpol di Klaten minimal memiliki 10 kursi di DPRD.

“Yang penting itu dari jumlah kursi. Kalau tadi kami lihat jumlah kursi sudah terpenuhi. Ada golkar dengan jumlah kursi di DPRD delaan, PAN lima kursi, serta PKB tiga kursi. Khusus untuk parpol yang ganda [kepengurusan], harus didukung oleh kedua-keduanya,” urai dia.

Sementara itu, seusai mendaftar pada Minggu, kedua pasangan calon bakal mengikuti tes kesehatan. Rencananya, tes kesehatan digelar di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro, Selasa (28/7/2015) mulai pukul 08.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya