SOLOPOS.COM - Logo PDIP (Dok)

Pilkada Solo 2015 akan segera digelar. PDIP Solo bersiap melakukan survei terkait persepsi masyarakat.

Solopos.com, SOLO — Jelang Pilkada Solo, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyurvei persepsi masyarakat terhadap partai dan kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) mulai pekan ini.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Selain itu, PDIP juga meneliti tingkat keterpilihan spontan masyarakat dengan menggunakan metode survei tertentu.

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPC PDIP Solo, Putut Gunawan, saat bertemu , Senin (18/5/2015), di DPRD Solo, mengatakan mengatakan survei-survei tersebut dilakukan PDIP untuk mengetahui potensi migrasi pemilih di internal dan eksternal PDIP.

Survei PDIP, kata dia, dilaksanakan secara bertahap dengan menggandeng tim profesional independen.

“Semua hasil survei itu dikompilasi dan hasil kompilasi itu akan jadi pijakan PDIP untuk menentukan sikap. Targetnya tiga pekan selesai. Kami menggandeng tenaga riset profesional,” tutur dia.

Dia mencontohkan suatu daerah membutuhkan 40 sampel populasi untuk disurvei, meliputi pegawai negeri sipil (PNS) lima orang, swasta lima orang, dan seterusnya.

Penentuan lima orang PNS atau swasta itu, kata Putut, dilakukan secara acak (random). Dia memprediksikan tingkat kesalahan (margin error) sekitar 4,5%.

Terpisah, Sekretaris DPC PDIP Solo, Teguh Prakosa, saat ditemui wartawan, Selasa (19/5/2015), mengatakan survei kali pertama sudah selesai. Survei lanjutan mulai disiapkan Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP.

Dia menyebut Bapilu PDIP Solo itu ex officio Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu, yakni Putut Gunawan. “Soa survei dan hasilnya, Pak Putut yang lebih tahu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya