SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemungutan suara (JIBI/Solopos/Antara)

Pilkada Solo 2015 terus dipersiapkan dan pencetakan surat suara telah rampung.

Solopos.com, SOLO — Proses pencetakan 410.406 lembar surat suara untuk Pilkada Solo 2015 rampung. Logistik pemilu tersebut kini disimpan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo dengan pengawasan ketat aparat kepolisian.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Berdasarkan pantauan, Senin (2/11/2015), lima aparat kepolisian dari Polresta Solo berjaga di ruang penyimpanan surat suara. Kertas suara dibagi dalam 100-an kardus yang masing-masing berisi 4.000 lembar surat suara.

Menurut Komisioner Divisi Logistik dan Keuangan KPU Solo, Suryo Baruno, surat suara selesai dicetak Sabtu (31/10/2015) oleh PT Pura Barutama, perusahaan rekanan asal Kudus.

“Proses pencetakan hanya tiga hari [sejak Kamis, 29/10/2015]. Polisi langsung mengamankan begitu surat suara datang,” ujarnya saat ditemui wartawan di Kantor KPU.

Suryo mengatakan surat suara mendapat pengamanan 24 jam untuk mengantisipasi penyalahgunaan dokumen Pilkada tersebut. Selain pengamanan kepolisian, surat suara dilengkapi empat lapis security printing seperti microtext dan hidden image untuk menghindari pemalsuan.

Suryo menguraikan ada 410.406 lembar surat suara yang dicetak untuk Pilkada 9 Desember. Angka itu diambil dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 399.915 pemilih plus tambahan 2,5% dari jumlah DPT (10.491 lembar).

“Tambahan surat suara untuk mengakomodasi pemilih yang belum terdaftar di DPT dan pemilih menggunakan E-KTP,” ucapnya.

Selain itu, KPU menyiapkan surat suara cadangan sebanyak 2.000 lembar untuk mengantisipasi adanya pemungutan suara ulang.

Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo, mengatakan sortir surat suara rencananya dimulai pekan ini. Pihaknya menargetkan seluruh logistik pilkada siap maksimal akhir November.

Selain surat suara, KPU menyiapkan tinta suara, sampul, bilik suara, alat tulis hingga template untuk kaum difabel. “Logistik pemilu akan dikirim ke TPS (tempat pemungutan suara) H-3 sebelum pencoblosan.”

Perwakilan rekanan PT Bura Barutama, Retno, memastikan surat suara aman dari pemalsuan lewat teknologi security printing. Pihaknya mengklaim sudah mendapat kepercayaan dari beberapa daerah di Indonesia untuk pencetakan surat suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya