SOLOPOS.COM - Bambang Samekto (Taufik Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Pilkada Sragen 2015 dari PDIP tengah membahas rencana detail koalisi.

Solopos.com, SRAGEN – Pimpinan partai politik (parpol) yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Lintas Parpol Sragen menggelar pertemuan tertutup dengan pengurus DPC PDI Perjuangan (PDIP) Sragen membahas rencana detail koalisi, Kamis (2/4/2015) siang.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pertemuan yang digelar di salah satu rumah makan di Kelurahan Nglorog, Sragen, dihadiri Ketua DPD PKS Sragen, Dedy Endriyatno; Ketua DPC Partai Demokrat Sragen, Joko Saptono; Sekretaris DPC Partai Gerindra Sragen, Lulik Agus Sulistyanto; Ketua DPC PPP Sragen, Rus Utaryono; serta pengurus lain parpol tersebut.

Sedangkan dari PDIP hadir Ketua DPC PDIP Sragen, Bambang Samekto; Sekretaris DPC PDIP Sragen, Sugiyamto; Bendahara DPC PDIP Sragen, Sugiyarto; dan anggota Fraksi PDIP DPRD Sragen, Suharjo. Pertemuan tersebut tertutup bagi awak media dan berlangsung lebih kurang dua jam, mulai pukul 14.00 WIB.

Dalam kesempatan tersebut Bambang Samekto menyatakan kesiapannya berkoalisi dengan Forum Lintas Parpol. Tapi dia menegaskan bakal calon yang harus diusung adalah yang berasal dari PDIP. Secara spesifik Bambang menyatakan dukungannya kepada pengurus DPC PDIP Sragen yang mencalonkan diri sebagai cabup Sragen.

“Subjektivitas saya pribadi, saya mendukung struktural [pengurus] DPC PDIP Sragen yang mencalonkan diri sebagai balon cabup Sragen. Walau keputusan akhir nanti tetap di DPP PDIP,” tutur dia.

Menurut Bambang, satu-satunya pengurus DPC PDIP Sragen yang mendaftarkan diri sebagai cabup Sragen yaitu Sugiyamto. Menurutnya, sebagai parpol dengan perolehan suara dan kursi DPRD terbanyak, sudah selayaknya PDIP mengajukan bakal calon bupati.

Ihwal ajakan koalisi dengan Forum Lintas Parpol, Bambang menyatakan PDIP sangat terbuka. “PDIP membuka diri terhadap opsi koalisi dengan parpol lain termasuk Lintas Parpol,” imbuh dia.

Sedangkan politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Saiful Hidayat, menyatakan pertemuan dengan pengurus DPC PDIP Sragen membahas detail koalisi. Ihwal tekad PDIP mengusung cabup, menurut dia, bisa diterima perwakilan Lintas Parpol. PDIP sebagai parpol terbesar punya porsi atau hak lebih besar untuk mengajukan cabup.

Sedangkan soal calon wakil bupati, Forum Lintas Parpol mengajukan figur sebagai pendamping cabup PDIP. Menurut Saiful, hal itu butuh pembicaraan lebih jauh karena rekomendasi cabup dan cawabup dari DPP PDIP bisa saja turun untuk pengurus dan kader PDIP. Apalagi Kusdinar Untung Yuni Sukowati mendaftarkan diri lewat PDIP.

Ketua DPC PPP Sragen, Rus Utaryono, mengatakan penjajakan koalisi dengan PDIP sudah mengalami progres signifikan. Hal itu karena lintas parpol bisa menerima keinginan PDIP mengusung bakal calon bupati Sragen. Perwakilan Lintas Parpol dan pengurus DPC PDIP, menurut Rus, tinggal membicarakan skenario-skenario cadangannya saja.

Rus berharap koalisi yang dibangun dengan PDIP berpijak prinsip duduk sama rendah berdiri sama tinggi sehingga Lintas Parpol menyiapkan beberapa figur cawabup sebagai pendamping cabup dari PDIP. Tapi Rus masih enggan membuka figur dimaksud. “Kalau Pak Agus Budiarto ingin berproses lewat PKB dulu,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya