SOLOPOS.COM - Wakil Bupati Sukoharjo Purwadi. (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Wakil Bupati (Wabup) Sukoharjo, Purwadi, memastikan maju sebagai bakal calon bupati (cabup) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sukoharjo 2020.

Purwadi telah menyiapkan berkas pendaftaran cabup-cawabup ke DPD PDIP Jawa Tengah. Dengan demikian, Purwadi akan head to head dengan Etik Suryani istri Bupati Wardoyo Wijaya. Keduanya akan saling berebut rekomendasi dari DPP PDIP.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Etik Wardoyo sebelumnya telah mendaftar sebagai bakal cabup di DPC PDIP berpasangan dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo, Agus Santoso.

Purwadi merupakan kader PDIP sejak puluhan tahun lalu. Pada Pilkada 2015 lalu, dia berpasangan dengan Wardoyo Wijaya dan menang. Saat ini, Purwadi menjabat Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDIP Mojolaban.

Purwadi menjadi anggota legislatif pada periode 2009-2014 lalu terpilih lagi pada Pemilu 2014. Pada periode 2009-2014, dia menjabat di Badan Kehormatan (BK) DPRD Sukoharjo.

Pengurus DPD PDIP Jateng belum membuka pendaftaran penjaringan cabup-cawabup. “Saya siap mendaftar sebagai bakal cabup di DPD PDIP Jateng. Jika sudah dibuka [pendaftaran penjaringan bakal cabup-cawabup], saya segera mengambil dan mengembalikan formulir pendaftaran. Intinya, saya seratus persen berniat maju sebagai cabup,” kata dia saat berbincang dengan wartawan di kantornya, Rabu (9/10/2019).

Purwadi memperkirakan jumlah pendaftar penjaringan bakal cabup-cawabup di DPD PDIP Jateng tak hanya satu orang. Ada beberapa figur potensial yang mendaftar sebagai bakal cabup-cawabup.

Politikus Gerindra Ini Siap Lepas Jabatan Wakil Rakyat Demi Pilkada Sukoharjo 2020

Purwadi siap melaksanakan instruksi partai terkait cabup-cawabup yang mendapat rekomendasi dari pengurus DPP PDIP Jateng.

Sebelumnya, pasangan Etik Suryani-Agus Santosa telah mendaftar sebagai bakal cabup-cawabup dengan menyerahkan berkas pendaftaran penjaringan bakal cabup-cawabup ke DPC PDIP Sukoharjo pada September.

Joko Paloma: Masyarakat Harus Ikut Kembangkan Wisata

Etik Suryani merupakan istri Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya sekaligus Ketua Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK). Sementara Agus Santosa merupakan Sekda Sukoharjo.

“[Pasangan Etik-Agus] sudah diusulkan ke DPP PDIP melalui DPD PDIP Jateng. Sekarang hanya tinggal menunggu rekomendasi dari DPP PDIP,” kata Ketua DPC PDIP Sukoharjo, Wardoyo Wijaya.



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Tersangka Mutilasi Istri di Ciamis Alami Depresi, Proses Hukum Tunggu Observasi

Tersangka Mutilasi Istri di Ciamis Alami Depresi, Proses Hukum Tunggu Observasi
author
Newswire , 
Abdul Jalil Selasa, 7 Mei 2024 - 21:47 WIB
share
SOLOPOS.COM - Polisi membawa tersangka kasus mutilasi untuk menjalani pemeriksaan kejiwaan di Polres Ciamisi, Jawa Barat, Senin (6/5/2024). (ANTARA/Adeng Bustomi)

Solopos.com, CIAMIS – Hasil pemeriksana dokter ahli jiwa menyebutkan tersangka kasus mutilasi terhadap istrinya sendiri di Dusun Sindangjaya, Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengalami depresi.

Setelah diketahui hasil kejiwaan ini, tersangka kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa Cisarua, Bandung untuk menjalani perawatan sebelum kembali menjalani proses hukum.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Kata dokter kejiwaan, yaitu perlu observasi karena mengalami depresi, untuk berat ringannya belum bisa dipastikan, nanti ada surat rujukan yang harus disampaikan ke Rumah Sakit Jiwa Cisarua,” kata Kepala Satuan Reskrim Polres Ciamis Ajun Komisaris Polisi Joko Prihatin kepada wartawan di Ciamis, Selasa (7/5/2024).

Dia mengatakan Polres Ciamis melibatkan dokter kejiwaan dari RSUD Ciamis untuk memeriksa kondisi kejiwaan Tarsum, 51, tersangka kasus mutilasi istrinya sendiri Yanti, 40, di rumahnya Dusun Sindangjaya, pada Jumat (3/5/2024).

Koran Solopos

Hasil pemeriksaan dokter spesialis kejiwaan itu menyebutkan bahwa tersangka harus menjalani observasi di rumah sakit jiwa yang diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 14 hari untuk mengetahui kondisi kejiwaannya lebih lanjut.

“Dokter kejiwaan dari RSUD Ciamis menyatakan bahwa pelaku akan dirujuk ke rumah sakit jiwa untuk dilakukan observasi lebih lanjut supaya nanti menentukan layak atau tidaknya proses hukum selanjutnya,” katanya yang dikutip dari Antara.

Joko menuturkan hasil observasi di rumah sakit jiwa akan menjadi dasar pembahasan dengan kejaksaan terkait penanganan hukum lanjutan terhadap tersangka mutilasi.

Emagazine Solopos

Selama menjalani pemeriksaan kejiwaan maupun saat berada di sel tahanan, kata Joko, tersangka cenderung diam dan hanya berbicara ketika ditanya, selebihnya lebih banyak diam.

Sedangkan saat ditanya oleh dokter kejiwaan, terkadang tersangka bisa diajak bicara dengan baik. Namun, tiba-tiba tersangka menanyakan keadaan keluarganya, juga menanyakan keberadaan istrinya yang menjadi korban mutilasi.

“Makanya perlu observasi ke depan tentang kejiwaannya, mungkin terpukul, terguncang, perlu observasi,” katanya.

Interaktif Solopos

Sebelumnya, Kepolisian Resor Ciamis memeriksa sejumlah saksi dan anak korban, hingga menetapkan Tarsum sebagai tersangka kasus mutilasi istrinya yang dilakukan di rumahnya Dusun Sindangjaya, Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Ciamis, pada Jumat (3/5/2024) pagi.

Tindakan keji itu membuat heboh masyarakat setempat sampai akhirnya polisi menangkap tersangka dan membawanya ke Mapolsek Rancah, berikut mengamankan barang bukti berupa pisau yang digunakan untuk memutilasi korban.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Deretan Makanan Ini Cocok untuk Menghidrasi Tubuh saat Cuaca Panas

Deretan Makanan Ini Cocok untuk Menghidrasi Tubuh saat Cuaca Panas
author
Astrid Prihatini WD Selasa, 7 Mei 2024 - 21:30 WIB
share
SOLOPOS.COM - Buah semangka. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah makanan yang cocok disantap untuk menghidrasi tubuh saat cuaca panas.  Ketika cuaca sangat panas kelenjar keringat merespons dengan menjaga suhu tubuh agar tetap stabil lewat produksi keringat.

Namun jika berkeringat terlalu banyak berarti tubuh juga kehilangan lebih banyak cairan. Inilah yang dapat menyebabkan seseorang menjadi dehidrasi saat cuaca panas. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara untuk menjaga tubuh pada saat cuaca panas, salah satunya mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air agar asupan cairan tubuh tercukupi.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Dilansir dari hindustantimes.com Sabtu (4/05/2024) disebutkan ada sejumlah makanan yang direkomendasikan oleh Dr. Vanita Arora, seorang Konsultan Senior Elektrofisiologi Jantung dan Kardiolog Intervensional di Rumah Sakit Apollo yang dapat dikonsumsi untuk menghidrasi tubuh saat cuaca panas seperti:

1. Semangka

Semangka mengandung sekitar 92% air yang membuatnya menjadi makanan yang sangat baik untuk hidrasi. Ini juga mengandung likopen, sejenis antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV matahari.
Semangka dapat dinikmati dengan dipotong atau diblender dengan daun selasih dan lemon untuk camilan musim panas yang menyegarkan.

Koran Solopos

2. Buah bit dan wortel

Buah bit dan wortel termasuk merupakan makanan yang bisa menghidrasi tubuh. Ini merupakan kombinasi klasik untuk setiap cuaca panas, karena nilai gizinya serta sifat detoksifikasinya yang menghilangkan panas dari tubuh dan menetralkan suhu untuk menjaga pencernaan tetap terkontrol.   Buah bit dan wortel bisa dikonsumsi dengan cara dipotong atau membuat jus yang lezat dengan menambahkan apel dan buah ara ke campuran tersebut.

3. Mentimun

Makanan wajib lain di rumah yang menyegarkan dan menghidrasi yaitu mentimun. Ia sangat renyah, menyegarkan, dan sangat rendah kalori.
Mentimun terdiri dari sekitar 95% air menjadikannya pilihan yang ideal untuk tetap terhidrasi selama musim panas. Selain itu, mentimun juga mengandung vitamin K dan C, yang berkontribusi pada kesehatan tulang dan daya tahan tubuh.

4. Mint

Herba ini tidak hanya menambahkan aroma segar pada hidangan tetapi juga memiliki berbagai sifat penyegaran. Mint juga dapat membantu meredakan gangguan pencernaan dan mengurangi panas tubuh jika dikonsumsi secara teratur.
Daun mint segar  dapat ditambahkan ke dalam salad, es teh, atau merendamnya dalam air untuk dikonsumsi secara teratur. Selain itu dapat juga menggunakan mint untuk membuat es krim mint rumahan aebuah dessert yang menyegarkan dan menghilangkan panas.

Emagazine Solopos

5. Air kelapa

Air kelapa merupakan minuman berenergi dari alam sehingga termasuk makanan yang bisa menghidrasi tubuh. Ia penuh dengan kandungan elektrolit seperti kalium dan magnesium, yang mana penting untuk mengembalikan cairan tubuh.

Sangat mudah untuk mengembalikan cairan dan mineral yang hilang akibat berkeringat selama musim panas.

6. Salad

Seseorang dapat memilih salad sehari-hari yang dipenuhi dengan sayuran yang memberikan cairan tubuh seperti selada, tomat, dan daun-daunan seperti kale, bayam, dll.

Interaktif Solopos

Sayuran-sayuran ini memiliki kandungan air yang tinggi dan kaya akan vitamin dan mineral. Tambahkan sumber protein seperti ayam panggang atau kacang arab untuk membuat salad menjadi hidangan yang lengkap.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Persis Solo Belum Berburu Pemain, Kerangka Tim Takkan Banyak Berubah

Persis Solo Belum Berburu Pemain, Kerangka Tim Takkan Banyak Berubah
author
Abu Nadzib Selasa, 7 Mei 2024 - 21:27 WIB
share
SOLOPOS.COM - Pelatih Persis Solo, Milomir Seslija (tengah) memberikan arahan kepada pemain saat melakukan latihan di Stadion Sriwedari Solo, Minggu (21/4/2024). Latihan yang dipimpin pelatih Milomir Seslija tersebut untuk mempersiapkan fisik dan strategi jelang pertandingan BRI Liga 1 2023/2024 melawan Persikabo Bogor pada Senin, 22 April 2024. (Solopos/Joseph Howi Widodo).

Solopos.com, SOLO — Persis Solo belum berburu pemain karena masih merampungkan negosiasi kontrak dengan pelatih Milomir Seslija.

Manajer Persis Solo, Chairul Basalamah, mengatakan untuk menentukan komposisi pemain harus merupakan rekomendasi dari sang pelatih.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ia menjelaskan, sejauh ini pihak manajemen klub masih membahas kontrak baru Milo sebelum memutuskan untuk melakukan penambahan atau melepas pemain.

“Kalau pemain masih belum tahu, karena kami negosiasi di pelatih dulu. Karena yang penting pelatih dulu yang sedang negosiasi para pimpinan. Setelah itu baru pemain siapa yang diambil atau pemain mana yang dipertahankan baru akan dibahas setelah pelatihnya sudah aman dulu,” ucap dia saat dihubungi Solopos.com, Selasa (7/5/2024).

Koran Solopos

Ia menyebut, pihak manajemen klub masih akan terus bernegosiasi dengan Milo hingga batas waktu tertentu sebelum liga dimulai.

Meski begitu, pria yang akrab disapa Wan Abud ini juga belum mengetahui jangka waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan negosiasi.

“Untuk jangka waktu negosiasinya kapan, saya belum tahu. Saya juga masih menunggu dari para atasan seperti apa,” lanjutnya.

Emagazine Solopos

Sebelumnya, Wan Abud mengatakan mengenai target musim depan melihat pencapaian musim ini.

Ia enggan bongkar pasang komposisi tim secara berlebihan untuk musim depan.

“Pastinya kami lihat hasil terakhir nanti, kedua KPI [key performance indicator] masing-masing. Kami gak mau bongkar terlalu banyak. KPI itu berjangka, jika KPI setengah musim tercapai kami lanjut lagi, meskipun kontrak itu satu musim,  tapi kami ada evaluasi per setengah musim.” tambahnya.

Interaktif Solopos

Ia juga mengatakan, secara pencapaian, pihak manajemen cukup puas, terlebih target terhindar dari jeratan degradasi sudah dicapai Milomir Seslija.

Bahkan kini Persis Solo berada di papan tengah.

“Puas, kami puas dengan pencapaian Coach Milo, awalnya target kami lepas dari degradasi. Tapi sekarang berada di papan tengah. Tapi sekali lagi, tentu ada KPI juga yang harus kami bahas dengan Coach Milo untuk musim depan,” ulasnya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories