SOLOPOS.COM - Ilustrasi Memasukkan Surat Suara saat Pilkades. (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Memasukkan Surat Suara saat Pilkades. (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Memasukkan Surat Suara saat Pilkades. (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO — Sebulan menjelang pelaksanaan, panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) Kecamatan Baki dan Gatak  mulai dibentuk.  Rencananya, Pilkades susulan yang digelar di 11 desa se-Kabupaten Sukoharjo itu akan dilaksanakan serentak pada Kamis, 24 Oktober 2013.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Baki, Taufik Hidayat, mengatakan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mulai membentuk panitia Pilkades pada Rabu (25/9/2013). Mereka bertugas menyiapkan tata tertib Pilkades dan mengurus masalah pendaftaran pemilih. Selanjutnya, panitia Pilkades juga akan menyiapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) hingga Daftar Pemilih Tetap (DPT). Khusus di Kecamatan Baki, Pilkades dilaksanakan di tiga desa yakni Duwet, Purbayan dan Gedongan.

“Mulai hari ini [Rabu], BPD membentuk panitia Pilkades. Waktu yang tersisa sekitar satu bulan ini diperkirakan cukup untuk menyiapkan Pilkades di tiga desa tersebut,” jelasnya saat ditemui Solopos.com di Kantor Pemerintah Desa (Pemdes) Siwal, Rabu.

Saat disinggung soal jadwal Pilkades, Taufik mengatakan jadwal sudah disosialisasikan langsung oleh Bagian Pemerintah Desa (Pemdes) Kabupaten Sukoharjo. Jika tidak ada halangan, jadwal tetap dilaksanakan serentak pada 24 Oktober 2013.  Sementara soal pendanaan Pilkades, desa mendapatkan alokasi dana senilai Rp10 juta dari kabupaten. Sisanya, akan ditanggung kas desa sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Terpisah, Sekcam Gatak, Agus Widodo, mengatakan rundown jadwal Pilkades dan pelantikan sudah ditetapkan pada 25 September-9 November 2013. Setelah pembentukan panitia, akan dibentuk tata tertib Pilkades. Tahapan kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran bakal calon (balon), penetapan calon, penetapan dan undian gambar, serta kampanye.

“Jadwal sudah didistribusikan oleh Bagian Pemdes Kabupaten Sukoharjo. Kami tinggal memantau pelaksanaannya. Kemarin juga sudah kami selenggaran berbagai sosialisasi,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya