SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BOYOLALI — Pemilihan kepala desa (pilkades) di 108 desa di Kabupaten Boyolali bakal digelar secara serentak 20 Maret 2013. Sementara pilkades dengan sistem elektronik atau e-voting di lima desa lainnya, dijadwalkan penyelenggaraannya pada 5 Maret, 7 Maret, 14 Maret dan 16  Maret. Lima desa yang akan menerapkan sistem e-votting di antaranya Kebon Gula Kecamatan Musuk, Kebon Bimo, Kecamatan Boyolali, Gondang Slamet, Kecamatan Ampel, Desa Karangnongko, Kecamatan Mojosongo dan Desa Genting, Kecamatan Cepogo.

Menjelang penyelenggaraan pilkades serentak tersebut, Kepala Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Boyolali, Susilo Hartono, mengemukakan di masing-masing desa telah terbentuk panitia pilkades.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Masing-masing desa penyelenggara  pilkades, sejak 7 Januari 2013 sudah membentuk kepanitiaan pilkades oleh BPD [Badan Perwakilan Desa],” ujar Susilo kepada wartawan di Boyolali, Selasa (22/1/2013).

Dari pantauannya, Susilo mengatakan para calon kepala desa (kades) mulai bermunculan. Namun demikian diakuinya, situasi tetap aman dan kondusif.

“Sejumlah calon kades bermunculan itu hal biasa dan lumrah karena kades dipilih langsung rakyat, sehingga calon kades tersebut harus dikenal masyarakatnya sebagai konstituen, bahkan ada calon yang melaksanakan deklarasi kepada masyarakatnya,” ungkapnya.

Dalam tahapan pilkades nanti, Susilo menambahkan para calon kades yang dinyatakan lolos seleksi dan persyaratan bisa melakukan kampanye selama satu hari sebelum pilkades tersebut digelar 20 Maret 2013.

“Jadi setelah diumumkan calon kades lolos oleh panitia, yang bersangkutan berkesempatan melaksanakan kampanye selama sehari,” imbuh dia.

Sedangkan untuk pilkades dengan sistem e-voting, Susilo menjelaskan Pemkab  bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan menurutnya, kerja sama tersebut bisa dikembangkan di bidang komunikasi dan informatika.

“Nantinya kerja sama Pemkab dengan BPPT  itu bisa dilanjutkan di bidang komunikasi dan informatika,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya