SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BOYOLALI--Pejabat sementara (Pj) Kepala Desa (Kades) Dlingo, Yuyus Karmanto, mengundurkan diri dari jabatannya. Hingga Selasa (25/6/2013), belum ada pengganti untuk mengisi kekosongan jabatan kades sementara di desa tersebut.

Camat Mojosongo, Purwanto, ketika ditemui wartawan di Pendapa Kantor Bupati Boyolali, Selasa, membenarkan pengunduran diri Yuyus sebagai Pj Kades Dlingo. Surat pengunduran diri tersebut diajukan kepada pihak kecamatan sekitar sepekan lalu.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Purwanto menjelaskan pengunduran diri Yuyus yang juga menjabat sebagai Kasi Pemerintahan Kecamatan Mojosongo itu, dilatarbelakangi alasan pribadi.

“Mundur karena alasan pribadi. Salah satunya karena Pak Yuyus kan tinggalnya di Solo. Kondisi tersebut dikhawatirkan bisa mengganggu pelayanan kepada masyarakat Dlingo kalau Pak Yuyus tidak bisa selalu ada di Desa Dlingo,” terang Purwanto.

Ditambahkan dia, Yuyus juga pernah mengusulkan agar penggantinya sebagai Pj Kades Dlingo adalah orang yang mengetahui betul karakter masyarakat desa tersebut. “Ya sempat diwacanakan pengganti pj kades nanti adalah sekdes [sekretaris desa] setempat. Tapi sampai saat ini, untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut kami masih berkonsultasi dengan Pemkab,” ungkap dia.

Namun untuk mengisi kekosongan jabatan pj kades tersebut, Purwanto meyakini prosesnya tidak akan lama. “Ya nanti usulan dari desa, melalui kecamatan, kemudian diajukan kepada Pemkab, melalui Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes). Tidak perlu waktu lama agar pelayanan kepada masyarakat juga tetap bisa berjalan,” katanya.

Di sisi lain, mundurnya Yuyus dari jabatan Pj Kades Dlingo, ditegaskan Purwanto, tidak mempengaruhi rencana penyelenggaraan pilkades ulang di desa tersebut. “Sesuai aturannya, pilkades ulang tetap bisa dilaksanakan, meskipun saat ini pj kadesnya belum ada,” imbuh dia.

Ditemui terpisah, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Dlingo, Darmaji, mengakui telah menerima tembusan surat pengunduran diri Yuyus dari Pj Kades Dlingo. “Kami juga terima tembusannya [surat pengunduran diri Yuyus],” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya