SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SUKOHARJO-Pemkab Sukoharjo menjadwalkan pemilihan kepala desa (pilkades) di lebih dari 120 desa menjelang akhir 2012. Meski masih jauh, saat ini mulai bermuncuan bakal calon (balon) di desa-desa yang akan menggelar kegiatan pemilihan.

Kaur Pemerintahan Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Sunardi, menyebutkan Gentan menjadi salah satu desa yang direncanakan menggelar pilkades menyusul habisnya masa jabatan kades pada akhir 2012. Dia juga mengatakan sudah muncul balon yang diperkirakan akan maju ketika pelaksanaan pilkades.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Pendaftaran belum, tapi balon (kades) sudah ada. Bahkan sudah melakukan pendekatan kepada warga meskipun sifatnya masih dalam lingkungan terbatas,” ungkapnya ditemui solopos.com di Kantor Desa Gentan, Selasa (15/5).

Sunardi menjelaskan balon yang terlihat justru berasal dari luar perangkat desa. Terkait hal itu, dia mengatakan kemunculan balon merupakan hal biasa menjelang pilkades. Termasuk pendekatan ke warga sekitar lingkungan, menurutnya menjadi sesuatu yang wajar sebagai persiapan di pencalonan.

“Soal pilkades kita tunggu petunjuk pemkab. Tahapannya, waktunya, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pelaksanaan pemilihan. Semua tentu ada aturannya,” tegasnya.

Camat Bulu, Sunarjo, mengatakan terdapat 10 desa yang akan menggelar pilkades di kecamatannya. Namun untuk aturan pelaksanaan, dia mengaku masih menunggu instruksi Pemkab Sukoharjo.

Disebutkan, dari 12 desa, hanya Tiyaran dan Lengking yang tidak akan menggelar pilkades pada 2012. Sedang 10 desa lain, yaitu Karangasem, Kedungsono, Kamal, Gentan, Malangan, Puron, Kunden, Bulu, Ngasinan, Sanggang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya