SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sunarno (Dok/JIBI/SOLOPOS)

KARANGANYAR–Sebanyak 55 kepala desa (kades) terpilih hasil pilkades tahap I akan dilantik oleh Bupati Karanganyar, Rina Iriani SR, Selasa (22/1/2013).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pelantikan tersebut digelar di di rumah dinas (rumdin) bupati. Acara itu akan dihadiri kades incumbent yang kalah dalam pertarungan, pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD), pengurus rukun tetangga (RT) dan pengurus LPMD.

Kades yang akan dilantik diminta datang tepat waktu pukul 08.00 WIB mengenakan seragam pakaian dinas upacara (PDU). Penjelasan tersebut disampaikan Kabag Pemerintahan Desa dan Kelurahan Pemkab Karanganyar, Sunarno, kepada Solopos.com, Minggu (20/1/2013).

Sunarno menjelaskan, pilkades I berlangsung lancar, tidak diwarnai gugatan atau protes dari pihak mana pun. Sehingga agenda pelantikan kades terpilih bisa berjalan sesuai jadwal.  Sunarno meminta, nantinya seluruh kades terpilih harus bisa memposisikan diri di tengah masyarakat. Tidak boleh ada sikap pilih kasih antara satu kelonpok dengan kelompok lain dalam masyarakat.

Seorang kades harus bisa mempersatukan kembali masyarakat yang selama tahapan pilkades telah tersekat-sekat oleh kepentingan politik. Di samping itu, Sunarno, menyarankan kades yang sudah dilantik bisa menggandeng calon kades yang dikalahkan mereka dalam pilkades. Tujuannya untuk sama-sama atau bekerja sama membangun desa.

Terpisah, anggota DPRD Karanganyar dari dapil Gondangrejo dan Colomadu, Romdloni, berpesan, kades yang dilantik tidak boleh terlibat politik praktis di tahun politik, 2013. Kades harus berdiri di tengah menjadi pengayom sekaligus pelayan yang baik untuk masyarakat.

“Mengingat tahun ini tahun politik, tolong posisikan diri dengan baik,” tegas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya